Friday, August 14, 2020
Home Alutsista Rudal Varian Baru Pantsir Rusia Lebih Canggih, Indonesia Minat?

Varian Baru Pantsir Rusia Lebih Canggih, Indonesia Minat?

Varian Baru Pantsir Rusia Lebih Canggih, Indonesia Minat? – HobbyMiliter.com. Biro desain Rusia KBP, yang bertanggung jawab atas pengembangan sistem pertahanan udara jarak menengah Pantsir dilaporkan sudah mengeluarkan seri Pantsir terbarunya. Seri terbaru Pantsir ini menitikberatkan pada kemampuan deteksi dan penangkalan serangan drone atau UAV sekaligus memperbaiki kemampuan anti rudalnya.

Biro desain KBP menerima banyak masukan dari Angkatan Bersenjata Rusia yang bertugas di Suriah. Di Suriah, musuh utama Pantsir bukanlah pesawat tempur lawan. Pantsir Rusia di Suriah lebih banyak digunakan  untuk melindungi pangkalannya dari serangan drone pihak pemberontak, ISIS, dan Al Nusra.

Sedangkan Pantsir Suriah sendiri, lebih banyak digunakan untuk memberikan perlindungan udara atas serangan serangan rudal jelajah dan bom pintar dari Israel. Namun beberapa pengamat militer mengatakan bahwa performa Pantsir di Angkatan Bersenjata Suriah sangat buruk. Terutama setelah beberapa pantsir dilaporkan ditembak hancur oleh Angkatan Udara Israel.

BACA JUGA :  Gencatan Senjata Suriah Resmi Diberlakukan Mulai Hari Ini

Varian Baru Pantsir Rusia Lebih Canggih, Indonesia Minat?
Varian Baru Pantsir Rusia Lebih Canggih, Indonesia Minat?

Sistem Pertahanan Udara Pantsir sendiri mulai bertugas di Angkatan Bersenjata Rusia di tahun 2012. Militer Suriah memiliki Pantsir tidak lama setelah Rusia, di akhir tahun 2012. Aksi Pantsir Suriah mulai dibicarakan orang setelah berhasil menembak jatuh satu pesawat tempur milik Angkatan Udara Turki, RF-4E Phantom. Battle proven berhasil diraih.

Selain itu, dalam setiap serangan rutin yang dilakukan Israel biasanya, Pantsir Suriah dapat menembak jatuh beberapa rudal Delilah, maupun bom pintar milik Israel, walau tentu saja, Israel biasanya tetap berhasil menghancurkan sasarannya dengan mensaturasi sistem pertahanan udara Suriah dengan begitu banyak rudal dan bom sehingga Pantsir kewalahan.

BACA JUGA :  Rusia Akan Jual 46 Unit Helikopter Tempur Ka-52 Alligator Ke Mesir

Rusia sudah mengeluarkan varian Pantsir terbaru. Pantsir varian terbaru yang lebih canggih ini dinamakan Pantsir SM. Sistem canggih ini sudah dibeli oleh militer Rusian dan Algeria.

Pantsir SM mempunyai beberapa teknologi baru yang membuat kemampuannya jauh meningkat dibanding dengan sistem Pantsir lawas. Teknologi baru ini misalnya mampu menambah jarak tembak dari 20Km menjadi dua kali lipatnya, 40Km. Dan radar barunya juga mampu mendeteksi pesawat tempur non stealth di jarak 75 Km.

Kemampuan ECCMnya juga ditingkatkan, sehingga mampu bertahan ditengah gempuran serangan elektronik lawan sembari tetap mampu menjejak  dan menembak target target di udara.

BACA JUGA :  Tuduh Rusia Langgar Traktat Senjata Rudal, AS Minta Bertemu Dengan Moskow

Sebagai platform pertahanan udara bergerak, Pantsir juga diberikan upgrage pada kendaraan pembawanya. Kendaraan lapis baja dengan perlindungan lebih akan melengkapi sistem Pantsir ini. Dengan kemampuan bergeraknya, Pantsir tidak hanya bisa melindungi aset nasional yang tidak bergerak, tapi juga bisa bermanuver bersama satuan satuan kavaleri dan mampu memberikan perlindungan payung udara ke garis depan.

Diperkirakan, dengan adanya sistem baru ini, Rusia juga akan mulai melego sistem Pantsir lawasnya baik yang bekas pakai maupun stok pabrik dengan harga diskon. Apakah Indonesia berminat? Minat yang mana, versi lawas atau versi baru?

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

65 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Ngeteng, Cara Angkatan Udara Singapura Memperbanyak F-16 RSAF

Beli Ngeteng, Cara Singapura Memperbanyak F-16 RSAF - HobbyMiliter.com. Dalam diskusi diskusi di forum forum militer online maupun di grup grup militer di Facebook,...

Begini Cara Kerja Over The Horizon Radar (OTHR) Jindalee Australia

Begini Cara Kerja Over The Horizon Radar (OTHR) Jindalee Australia - HobbyMiliter.com - Meski telah jutaan tahun membalut Bumi, belum seluruh bagian atmosfer bisa...

Foto – Foto Dokumentasi Pendudukan Tentara Soviet di Perang Afghanistan Era 80-an

Foto - Foto Dokumentasi Pendudukan Tentara Soviet di Perang Afghanistan Era 80-an - HobbyMiliter.com. Perang Soviet di Afghanistan berlangsung selama lebih dari sembilan tahun....

Foto Foto Langka KRI Irian, Kapal Perang Indonesia Asal Soviet

Foto Foto Langka KRI Irian, Kapal Perang Indonesia Asal Soviet - HobbyMiliter.com. Pada saat persiapan operasi Trikora dalam rangka perebutan Irian Barat (sekarang Provinsi...

Recent Comments

black donkey{(revolution mindset)}>???? on MARINIR INDONESIA – AMERIKA BERBAGI ILMU DI SITUBONDO
Thomson Sirait on Kehidupan di KRI Makassar 590
Ananda Andriyo on Patroli di Tanah Papua
HobbyMiliter on Patroli di Tanah Papua