Wednesday, March 27, 2024
HomeBlog MiliterChina Mulai Operasikan Pesawat Angkut Shaanxi Y9

China Mulai Operasikan Pesawat Angkut Shaanxi Y9

Shaanxi Y9 merupakan pesawat angkut kelas sedang, dengan mesin turboprop FWJ-6C besutan Wojiang. Empat mesin yang menempel di sayap nya tersebut mampu membawa pesawat ini terbang sejauh 5.700 kilometer. Ketinggian maksimal yang dapat dicapainya yakni 10.400 meter atau 34.120 kaki.

Peranan utama dari pesawat ini ialah sebagai elemen angkut taktis bagi pasukan Tentara Pembebasan Rakyat China atau People’s Liberation Army. Daya angkut maksimal untuk versi pesawat angkut taktis Y9 adalah 25 ton.

Proyek pengembangan pesawat angkut taktis Shaanxi Y9 awalnya dinamai dengan nama “Project Y8X”. Pengembangan dimulai pada tahun 2001. Penerbangan perdana pesawat ini dilaksanakan pada tahun 2010.

BACA JUGA :  Beda Persepsi Antara KSAU dan Menhan Tentang Pesawat Angkut Berat

China Mulai Operasikan Pesawat Angkut Shaanxi Y9. Dengan hadirnya Shaanxi Y9, kemampuan angkut taktis dari kesatuan Aviasi Angkatan Darat China pun mendapat peningkatan secara signifikan. Bagi sebagian kalangan pengamat militer internasional, khususnya pengamat militer Blok Barat, Shaanxi Y9 merupakan bukti upaya China dalam mengembangkan, sekaligus memproduksi pesawat angkut yang setara dengan pesawat C130 Hercules tipe J yang dibuat oleh Amerika Serikat. Adapun saat ini, Shaanxi Y9 telah memiliki beberapa varian, yang membuatnya bukan hanya bertugas sebagai pesawat angkut, tetapi juga sebagai platform multi peran yang dapat dikonfigurasikan dalam beberapa varian.

Kristian Prasetyo Lobo
Kristian Prasetyo Lobohttps://www.facebook.com/Achtung.sniper
Just an ordinary person who loves diecast and military related-stuffs. Enjoy my writings as you enjoy your daily delicious food. Wanna put some suggestion? Don't hesitate to comment on my posts or you can sending me message on my facebook profile. ^^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Liaoning, Kapal Induk China Terbangkan Lebih Dari 100 Sorti Dalam Latihan 6 Hari

Liaoning, Kapal Induk China Terbangkan Lebih Dari 100 Sorti Dalam Latihan...

0
Liaoning, Kapal Induk China Terbangkan Lebih Dari 100 Sorti Dalam Latihan 6 Hari - Hobbymiliter.com – Kementerian Pertahanan Jepang menyebut bahwa kapal induk milik...

Recent Comments