Korps Marinir TNI AL Terima MLRS Type 90B Buatan NORINCO China

1
16036
Korps Marinir TNI AL Terima MLRS Type 90B Buatan NORINCO China
Ilustrasi unit kendaraan tempur peluncur roket multi laras Type90B buatan China yang melengkapi inventaris MLRS di tubuh Korps Marinir TNI AL. Sumber : armyrecognition.com

HobbyMiliter.com – Korps Marinir TNI AL Terima MLRS Type 90B Buatan NORINCO China. Diam – diam, Korps Marinir TNI AL kembali menambah jumlah alat utama sistem senjata berupa peluncur roket multi-laras atau biasa disebut Multiple Launch Rocket System (MLRS). Setelah secara mengejutkan mengadakan pembelian kendaraan tempur MLRS Vampire dari Republik Ceko lengkap dengan kendaraan komando nya, kali ini Korps Marinir TNI AL membeli unit kendaraan tempur MLRS Type 90B yang diproduksi oleh perusahaan NORINCO dari China.

BACA JUGA :  Kapal Induk Liaoning Tiongkok Siap Berlayar Menuju Lepas Pantai AS

Dalam inventarisnya, Korps Marinir saat ini mengoperasikan dua jenis kendaraan peluncur roket multi-laras. Dua jenis tersebut yakni RM-70 Grad dan Vampire. Kesemuanya merupakan jenis kendaraan tempur peluncur roket multi-laras dengan kemampuan untuk meluncurkan munisi roket kaliber 122 milimeter.

Type 90 B merupakan kendaraan tempur peluncur roket multi-laras yang juga digunakan untuk meluncurkan munisi roket kaliber 122 milimeter. Kendaraan tempur ini dapat mengangkut sebanyak 80 unit munisi roket kaliber 122 milimeter dan mampu meluncurkan langsung 40 unit diantaranya. Kendaraan tempur MLRS ini rupanya telah dibeli sejak tahun 2015 lalu dalam suatu kontrak yang telah ditandatangani oleh pihak Kementerian Pertahanan RI dan NORINCO China.

BACA JUGA :  Airbus Helicopters Perkenalkan Helikopter H225M Versi Pertempuran Laut

Korps Marinir TNI AL Terima MLRS Type 90B Buatan NORINCO China. Pengujian kendaraan tempur MLRS Type 90B tersebut telah dilaksanakan pada tanggal 27 Desember 2016 di beberapa lokasi yang dirahasiakan di provinsi Jawa Timur. Selain karena pembelian yang nyaris tidak terdengar oleh media massa nasional di Indonesia, pembelian kendaraan tempur MLRS Type 90B dari China ini juga mengundang perhatian sebab ada desas desus bahwa nantinya sistem senjata tersebut akan dapat diperlengkapi dengan munisi roket pertahanan R-Han 122B buatan dalam negeri. Kita tunggu saja kabar terbarunya…

1 COMMENT

  1. lumayan 4 unit jadi total MLRS KORMAR ada 21 unit moga2 nambah trus…..roket enggk ada masalah karena kalibernya sama dengan yg punya RM-70 122 mm (moyangnya sama BM-21)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here