Angkasa Yudha 2016 : Drone S70, Drone Target Latihan Sudah Disiapkan TNI AU

0
4032
Drone S70
Drone Target Latihan S70, sedang disiapkan oleh prajurit Korps Paukan Khas (Korpaskhas). Sumber : DM / Istimewa.

Dalam latihan tempur Angkasa Yudha 2016 yang dilangsungkan sejak Selasa, 27 september 2016, TNI AU menunjukkan kemampuannya dalam melaksanakan operasi – operasi militer baik taktis maupun strategis. Semua unsur kesatuan dalam tubuh TNI AU mendemonstrasikan kehandalan nya masing – masing. Salah satu diantaranya yakni Korps Pasukan Khas. Selain berfungsi sebagai pasukan Komando, Paskhas juga memiliki Batalyon Artileri Pertahanan Udara atau disingkat Yon Arhanud.

Salah satu alutsista yang dimiliki oleh Yon Arhanud Paskhas yakni senjata Penangkis Serangan Udara (PSU) Oerlikon SkyShield dengan munisi kaliber 35 milimeter nya. Dalam latihan Angkasa Yudha tahun ini, rencananya akan dilakukan uji tembak senjata PSU Oerlikon SkyShield ini. Tentu untuk pengujian ini dibutuhkan target yang akan dibabat oleh munisi senjata ini. Disinilah S70, Drone Target latihan milik TNI AU akan memainkan peran.

Rencananya, akan diadakan latihan pendahuluan dengan menggunakan satu unit target drone ini. Adapun latihan tersebut rencananya akan digelar pada hari Sabtu, 1 Oktober 2016 mendatang di Landasan Udara (Lanud) Ranai, Natuna, Kepulauan Riau. Drone S70 tersebut saat ini sedang disiapkan oleh prajurit Korps Pasukan Khas atau disingkat Korpaskhas.

Target Drone S70 ini merupakan produk buatan Tiongkok, yang diproduksi oleh NRIST (Nanjing Research Institute of Simulation Technology). Drone ini sanggup melaju dalam kecepatan 300 kilometer per jam. Drone S70 ini memiliki dimensi panjang 2,55 meter ; rentang sayap 2,7 meter ; serta bobot lepas landas sebesar 60 kilogram.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here