Korsel: Rudal ICBM Korut Kemungkinan Diluncurkan Dalam Waktu Dekat

0
1033
53-rudal-icbm-korut-diluncurkan-dalam-waktu-dekat-1

Hobbymiliter.com – Korea Utara kemungkinan akan mempersiapkan dua rudal balistik antar benua (ICBM) untuk diujicoba peluncurannya dalam waktu dekat, ujar seorang pejabat militer Korea Selatan seperti dikutip oleh kantor berita Yonhap.

Sementara itu, Ketua Kepala Staf Gabungan Korea Selatan, Jenderal Lee Soon-Jin mengatakan kepada CNN bahwa laporan tersebut belum bisa dikonfirmasi. Namun pihaknya sedang mengamati perkembangan situasinya secara dekat.

Menurut laporan dari Yonhap, Korut telah menempatkan dua unit rudal pada peluncur gesit. Unit rudalnya sendiri dikatakan “memiliki panjang tidak lebih dari 15 meter, sehingga menjadi rudal balistik Korut terpendek dari yang pernah ada.”

BACA JUGA :  China Pasarkan Radar Anti Pesawat Tempur Siluman

Para akademisi juga sependapat dengan laporan dari kantor berita Korsel. “Tes rudal ICBM dalam beberapa hari mendatang nampaknya sangat dimungkinkan,” ujar Andrei Lankov, seorang dosen di Universitas Kookmin Seoul.

“Dilihat dari sikap Korut yang sudah-sudah, mereka biasanya akan memberi ‘kejutan unik’ kepada presiden Amerika Serikat yang baru dilantik, semacam ujicoba nuklir atau peluncuran rudal,” tungkas Lankov.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here