Monday, March 4, 2024
HomeBlog MiliterSepakat Soal Diskon Harga, Pentagon Pesan 90 Unit F-35 dari Lockheed Martin

Sepakat Soal Diskon Harga, Pentagon Pesan 90 Unit F-35 dari Lockheed Martin

Hobbymiliter.com – Lockheed Martin dan Departemen Pertahanan Amerika Serikat akhirnya memasuki tahap kesepakatan final untuk merealisasikan kontrak pengadaan jet tempur F-35 dengan nilai hampir $9 miliar (120 triliun rupiah). Kesepakatan ini diraih setelah adanya negosiasi berkepanjangan antara kedua pihak yang ingin menekan harga jet tempur F-35 di bawah $100 juta (1,3 triliun) per unitnya.

Sumber yang dekat dengan isu tersebut mengatakan kepada Reuters bahwa paket produksi F-35 kesepuluh juga sedang dibahas. Total, Pentagon telah menghabiskan sekitar $400 miliar (5300 triliun rupiah) untuk membeli F-35.

BACA JUGA :  Gertak Korut, AS Pamerkan Pesawat Pengebom B-1B Di Perbatasan Korsel

Kontrak pengadaan 90 unit jet tempur F-35 tersebut diperkirakan akan diumumkan ke publik pada akhir bulan ini. Namun, perwakilan dari Lockheed Martin masih belum memberi komentar apa-apa.

Departemen Pertahanan AS memperkirakan akan menghabiskan anggaran sebanyak $391 miliar (5200 triliun rupiah) dalam sepuluh tahun ke depan untuk membeli 2.443 unit jet tempur F-35.

Bulan Desember silam, Donald Trump sempat mencibir biaya program pengadaan F-35 yang menurutnya “sudah melewati batas kendali.” Trump juga berjanji untuk “menyelamatkan miliaran dollar” dalam anggaran belanja militer AS jika nantinya sudah resmi bekerja.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Indonesia Gandeng Turki Dalam Pengembangan Panser dan Tank Leopard

Indonesia Gandeng Turki Dalam Pengembangan Panser dan Tank Leopard

0
Hobbymiliter.com - Rupanya Indonesia sangat gencar dalam meningkatkan kualitas militernya. Ini terbukti melalui langkah Indonesia yang terus mengembangkan alutsista baik untuk kebutuhan TNI AD,...

Recent Comments