Sunday, January 29, 2023
HomeBlog MiliterSepakat Soal Diskon Harga, Pentagon Pesan 90 Unit F-35 dari Lockheed Martin

Sepakat Soal Diskon Harga, Pentagon Pesan 90 Unit F-35 dari Lockheed Martin

Hobbymiliter.com – Lockheed Martin dan Departemen Pertahanan Amerika Serikat akhirnya memasuki tahap kesepakatan final untuk merealisasikan kontrak pengadaan jet tempur F-35 dengan nilai hampir $9 miliar (120 triliun rupiah). Kesepakatan ini diraih setelah adanya negosiasi berkepanjangan antara kedua pihak yang ingin menekan harga jet tempur F-35 di bawah $100 juta (1,3 triliun) per unitnya.

Sumber yang dekat dengan isu tersebut mengatakan kepada Reuters bahwa paket produksi F-35 kesepuluh juga sedang dibahas. Total, Pentagon telah menghabiskan sekitar $400 miliar (5300 triliun rupiah) untuk membeli F-35.

BACA JUGA :  AU Australia Lengkapi Jet Tempur Super Hornet Dengan IRST

Kontrak pengadaan 90 unit jet tempur F-35 tersebut diperkirakan akan diumumkan ke publik pada akhir bulan ini. Namun, perwakilan dari Lockheed Martin masih belum memberi komentar apa-apa.

Departemen Pertahanan AS memperkirakan akan menghabiskan anggaran sebanyak $391 miliar (5200 triliun rupiah) dalam sepuluh tahun ke depan untuk membeli 2.443 unit jet tempur F-35.

Bulan Desember silam, Donald Trump sempat mencibir biaya program pengadaan F-35 yang menurutnya “sudah melewati batas kendali.” Trump juga berjanji untuk “menyelamatkan miliaran dollar” dalam anggaran belanja militer AS jika nantinya sudah resmi bekerja.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Napi Nusakambangan Jadi Dalang Pengemboman Thamrin?

0
Hobbymiliter.com - Ledakan bom di Thamrin telah di duga dikendalikan oleh narapidana terorisme dari dalam penjara Nusakambangan, ujar Luhut Pandjaitan sebagai Menteri Koordinator Politik Hukum dan...

Recent Comments