Perancis Dan Inggris Danai Overhaul Rudal Jelajah Storm Shadow Dan SCALP
Perancis Dan Inggris Danai Overhaul Rudal Jelajah Storm Shadow Dan SCALP. Ilustrasi pesawat tempur Tornado milik AU Inggris (RAF) terbang dengan membawa rudal jelajah Storm Shadow.Sumber : airforcesmonthly.com

HobbyMiliter.com –¬†Perancis Dan Inggris Danai Overhaul Rudal Jelajah Storm Shadow Dan SCALP.¬†Pemerintah Inggris dan Perancis telah menandatangani kontrak dengan Konsorsium Pertahanan Eropa, MBDA untuk melakukan Update terhadap rudal jelajah Storm Shadow dan SCALP EG yang dioperasikan oleh Angkatan Udara kedua negara. Hal ini rupanya telah diumumkan sejak 22 Februari 2017 lalu.

Dalam perjanjian tersebut, pihak MBDA akan melakukan Refurbish terhadap stok rudal jelajah Storm Shadow dan SCALP EG yang telah dioperasikan sejak tahun 2003. Upaya ini dilakukan untuk mempertahankan tingkat kesiapan operasional rudal hingga tahun 2032 dimana rudal – rudal tersebut akan dipensiunkan pada tahun tersebut.

Akan ada beberapa bagian rudal yang akan mendapat upgrade atau peningkatan kemampuan. Diantaranya, upgrade mesin turbo jet, upgrade sistem navigasi rudal, serta upgrade sistem GPS rudal. Nilai kontrak overhaul rudal jelajah Storm Shadow milik Inggris dengan MBDA yakni senilai 146 juta Poundsterling atau sekitar 182 juta Dollar AS. Sedangkan pihak Perancis sendiri tidak mempublikasikan nilai kontrak overhaul rudal SCALP EG antara Perancis dengan MBDA. Meskipun demikian, pihak pemerintah Inggris melalui Kementerian Pertahanan nya menyebut bahwa dengan ditandatangani nya kontrak bersama overhaul rudal – rudal jelajah tersebut, kedua negara (Inggris dan Perancis) dapat menghemat anggaran hingga 50 juta Poundsterling.

Baca juga :   Jokowi Naikkan Anggaran TNI Menjadi Rp 250 T

Perancis Dan Inggris Danai Overhaul Rudal Jelajah Storm Shadow Dan SCALP. Rencananya, unit rudal Storm Shadow hasil refurbish pertama akan mulai dikirimkan kembali ke Angkatan Udara Kerajaan Inggris atau Royal Air Force (RAF) pada akhir tahun 2018. Sementara itu, untuk unit rudal SCALP EG hasil refurbish pertama bagi Perancis akan mulai dikirimkan ke Angkatan Udara Perancis pada tahun 2020. Rudal jelajah Storm Shadow dan SCALP EG merupakan rudal jelajah yang dikembangkan bersama oleh Inggris, Perancis, dan Italia. Rudal jelajah tersebut dapat diluncurkan dari platform pesawat jet tempur Mirage 2000, Dassault Rafale, Eurofighter Typhoon, serta Panavia Tornado. Rudal jelajah ini dapat menjangkau jarak jangkau maksimal 560 kilometer pada metode peluncuran model Lo-Lo, yakni metode dimana rudal setelah dilepas dari pesawat, membentangkan syap kecil untuk menstabilkan diri, kemudian terbang rendah menuju sasarannya dengan mengandalkan sistem navigasi inersial menggunakan GPS.

Jangan lupa isi form komentar di bawah
ARTIKEL MENARIK LAINNYA UNTUK ANDA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here