Monday, October 19, 2020
Home Korut Luncurkan Ujicoba Nuklir Kelima Dengan Kekuatan Terbesar Sepanjang Sejarah

Korut Luncurkan Ujicoba Nuklir Kelima Dengan Kekuatan Terbesar Sepanjang Sejarah

Hobbymiliter.com – Korea Utara baru saja memulai ujicoba senjata nuklir untuk yang kelima kalinya. Para pengamat menganggap ujicoba kali ini sebagai yang paling masif diantara yang sudah-sudah. Presiden Korea Selatan, Park Geun-hye mengatakan pada Jumat (9/9) bahwa langkah tersebut merupakan aksi “bunuh diri” yang akan membuat Korut semakin terisolir. Ambisi rudal balistik dan nuklir Korut menurut Presiden Korsel, juga akan semakin membuat rakyat Korut menderita akibat sanksi dari PBB.

“Rezim Kim Jong-un hanya akan membuahkan lebih banyak sanksi dan isolasi (dari dunia internasional)… dan provokasi semacam ini akan mempercepat langkah mereka menuju kehancuran,” kata Geun-hye dengan nada mengancam.

BACA JUGA :  Gunakan Roket Soyuz, Rusia Akan Bantu Luncurkan Satelit Iran Pada 2018

“Kami akan memperkuat tekanan kepada pihak Korut dengan memanfaatkan segala kemungkinan cara, termasuk menghukum mereka dengan sanksi lebih berat dari dunia internasional dam Dewan Keamanan PBB,” ujarnya.

Berdasarkan keterangan para ahli dari Korsel, monitor aktivitas seismik sempat mendeteksi “gempa bumi buatan” berskala 5,3 richter di dekat lokasi ujicoba nuklir di Punggye-ri. Pola getarannya “hampir mirip” dengan peledakan senjata yang sudah-sudah.

“Kami meyakini (getaran) tersebut adalah akibat dari ujicoba nuklir. Kami sedang mencoba mencaritahu apakah (ujicoba) tersebut berhasil. Tenaga ledakannya sendiri berkisar antara 10 kiloton,” ujar seorang jurubicara Kemenhan Korsel saat bertemu dengan wartawan di Seoul.

Eileen Aurora
Eileen Aurora
Punya passion yang tinggi di penulisan artikel militer. Berusaha memberikan artikel artikel yang update di situs www.hobbymiliter.com Simak sajian berita militer hari ini dari kami setiap harinya.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Ngeteng, Cara Angkatan Udara Singapura Memperbanyak F-16 RSAF

Beli Ngeteng, Cara Singapura Memperbanyak F-16 RSAF - HobbyMiliter.com. Dalam diskusi diskusi di forum forum militer online maupun di grup grup militer di Facebook,...

Begini Cara Kerja Over The Horizon Radar (OTHR) Jindalee Australia

Begini Cara Kerja Over The Horizon Radar (OTHR) Jindalee Australia - HobbyMiliter.com - Meski telah jutaan tahun membalut Bumi, belum seluruh bagian atmosfer bisa...

Foto – Foto Dokumentasi Pendudukan Tentara Soviet di Perang Afghanistan Era 80-an

Foto - Foto Dokumentasi Pendudukan Tentara Soviet di Perang Afghanistan Era 80-an - HobbyMiliter.com. Perang Soviet di Afghanistan berlangsung selama lebih dari sembilan tahun....

Foto Foto Langka KRI Irian, Kapal Perang Indonesia Asal Soviet

Foto Foto Langka KRI Irian, Kapal Perang Indonesia Asal Soviet - HobbyMiliter.com. Pada saat persiapan operasi Trikora dalam rangka perebutan Irian Barat (sekarang Provinsi...

Recent Comments

black donkey{(revolution mindset)}>???? on MARINIR INDONESIA – AMERIKA BERBAGI ILMU DI SITUBONDO
Thomson Sirait on Kehidupan di KRI Makassar 590
Ananda Andriyo on Patroli di Tanah Papua
HobbyMiliter on Patroli di Tanah Papua