Saturday, June 15, 2024
HomeBlog MiliterBrahmos ALCM, Tanda Kemajuan Rudal Jelajah India

Brahmos ALCM, Tanda Kemajuan Rudal Jelajah India

HobbyMiliter.com – Brahmos ALCM, Tanda Kemajuan Rudal Jelajah India. Bersamaan dengan rencana pembaharuan alutsista, kapal frigat Van Speijk Class yang telah uzur, yang secara bertahap akan dipensiunkan hingga tahun 2022. Secara otomatis nasib rudal SS-N-26 Yakhont yang merupakan rudal anti kapal andalan TNI AL, juga masih dipertanyakan. Karena sampai saat ini belum ada kapal perang TNI AL yang cocok untuk diinstal dengan rudal jelajah jenis supersonic ini.
brahmos 2

Hal ini lain ceritanya dengan India, dibawah naungan Brahmos Aerospace, industri joint venture yang beranggotakan Defence Research and Development Organisation (DRDO) India dengan NPO Mashinostroyenia (NPOM) Rusia, karir Yakhont atau disebut juga Brahmos (Brahmaputra Moskva) semakin menanjak naik, bahkan penelitian dan pengembangan rudal ini cukup pesat. Selain dimodifikasi menjadi anti kapal/ASCM (Anti Shipping Crusise Missile) serta LACM (Land Attack Cruise Missile), India juga mengembangkannya untuk jeniis ALCM (Air Launched Cruise Missile).

BACA JUGA :  Korea Selatan Tambah Pesanan Rudal Jelajah KEPD 350K Taurus

Untuk Brahmos ALCM (Brahmos A) hingga kini masih dalam proses penelitian. Yang lebih hebat adalah platform pembawanya, rudal berbobot 2.550 kg pastinya tak semua pesawat tempur mampu membawanya. Rudal Brahmos A memilih jet tempur Sukhoi Su-30MKI sebagai pembawanya. Bobot yang cukup berat dan memiliki panjang mencapai 8,5 meter membuat rudal Brahmos A hanya bisa diletakkan di central point pada Su-30 MKI.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Pangab Pakistan Simbolis Miniatur Pesawat

Kunjungan Panglima Angkatan Bersenjata Pakistan ke PT. DI

0
Selain mengunjungi fasilitas produksi di PT. PINDAD (Persero), rupanya delegasi dari Pakistan Armed Forces dan panglima Angkatan Bersenjata Pakistan, General Rashad Mahmood juga menyempatkan...

Recent Comments