Saturday, October 8, 2022
HomeBlog MiliterLeonardo AW139M: Helicopter Pesaing Black Hawk dan Caracal

Leonardo AW139M: Helicopter Pesaing Black Hawk dan Caracal

HobbyMiliter.com – Leonardo AW139M: Helicopter Pesaing Black Hawk dan Caracal. Itulah Leonardo AW139M, memiliki kemampuan teknis yang dianggap mampu menyaingi H225M Caracal dan Sikorsy S-70i Black Hawk. AW139M basicnya adalah varian militer dari AW139, dan menurut Indonesia sendiri AW139 sudah dianggap sebagai helikopter paling canggih yang memiliki endurance paling tinggi yang dioperasikan oleh BASARNAS (Badan SAR Nasional).
Leonardo 2

Walaupun teknisnya setara dengan Caracal dan Black Hawk, yaitu telah menggunakan full glass cockpit, twin engine, serta tak mempunyai pintu rampa (ramp door), tapi masih membutuhkan ‘tenaga’ lebih apabila Leonardo Helicopters ingin mempromosikan AW139M pada Indonesia. Hal ini dikarenakan pendahulunya AW101 yang sampai saat ini statusnya masih pro dan kontra karena sistem pengadaan yang tidak jelas. Tak seperti biasanya, AW139 jenis SAR yang dipesan oleh BASARNAS juga bukan rakitan PT Dirgantara Indonesia (PT DI), melainkan rakitan PT Indopelita Aircraft Services. Meskipun sebenarnya BASARNAS merasa sangat puas dengan kemapuan AW139, tapi pengadaan berikutnya untuk helikopter SAR adalah AS365N3+ Dauphin pabrikan Airbus Helicopters hasil rakitan PT Dirgantara Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

EA-18G Growler, Pesawat Tempur Australia Spesialis Peperangan Elektronik

EA-18G Growler, Pesawat Tempur Australia Spesialis Peperangan Elektronik

0
EA-18G Growler, Pesawat Tempur Australia Spesialis Peperangan Elektronik - HobbyMiliter.com. Sudah sejak lama, peperangan elektronik dilakukan oleh manusia. Mulai dari penerjunan pelat pelat logam...

Recent Comments