Thursday, May 30, 2024
HomeBlog MiliterHarbin BZK-005: Pengintai Andalan Cina di Laut Cina Selatan

Harbin BZK-005: Pengintai Andalan Cina di Laut Cina Selatan

HobbyMiliter.com – Harbin BZK-005: Pengintai Andalan Cina di Laut Cina Selatan. Berbagai macam upaya dijalankan oleh Pemerintah Cina untuk menunjukkan kehebatan militernya di wilayah Laut Cina Selatan (LCS). Selain meluncurkan satelit pengintai, Cina juga telah meluncurkan drone (UAV/Unmanned Aerial Vehicle) tercanggihnya untuk memantau tiap ancaman yang kemungkinan akan muncul. Drone yang digunakan adalah Harbin BZK-005, merupakan drone berkemampuan HALE (High Altitude Long Endurance).

Dengan kemampuan HALE, maka spesifikasinya lebih unggul dibandingkan MALE (Medium Altitude Long Endurance). Contohnya saja seperti drone miliki Skadron Udara 51 TNI AU yaitu Aerostar TUAV termasuk berjenis MALE. Mengenai kemampuan intai udara, Aerostar TNI AU juga pernah ditugaskan di Lapangan udara Ranai, Pulau Natuna. Harbin BZK-005 tidak mengusung system persenjataan, kelebihannya yang paling utama yaitu terfokus pada penggunaan kamera pengintai, komponen optronic (optical electronic), FLIR (Forward Looking infrared), serta satellite datalink antenna.

BACA JUGA :  Pentagon Kecewa Karena Diusir Oleh Duterte Dari Filipina

harbin 2

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

28-senjata-prompt-global-strike-dianggap-membahayakan

Rusia dan AS Saling Tuduh Soal Senjata Prompt Global Strike (PGS)...

0
Hobbymiliter.com - Usaha Amerika Serikat untuk mengembangkan dan meluncurkan Prompt Global Strike (PGS), yakni senjata kendali tepat sasaran yang dapat menyerang wilayah mana saja...
Latihan Anti Teror.

Foto Latihan Anti Teror

Recent Comments