Thursday, July 25, 2024
HomeBerita MiliterBerita Militer IndonesiaPusat Informasi Data Hidrografi Canggih Milik TNI AL Mendapat Pengakuan Global

Pusat Informasi Data Hidrografi Canggih Milik TNI AL Mendapat Pengakuan Global

Pusat Informasi Data Hidrografi Canggih Milik TNI AL Mendapat Pengakuan Global – HobbyMiliter.com – Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) menerima penghargaan khusus GIS untuk Pusat Informasi Data Hidrografi (HDC) modern yang dimilikinya. HDC ini menyediakan akses data hidrografi dan oseanografi kepada masyarakat dan perusahaan-perusahaan perkapalan.

Menyisihkan lebih dari 300.000 organisasi di seluruh dunia, Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI AL (Pushidrosal)  menerima penghargaan yang diberikan oleh Jack Dangermond, pendiri sekaligus CEO dari perusahaan pemetaan terkemuka di dunia, Esri.

BACA JUGA :  Senjata-senjata asli seperti properti film science-fiction

Penghargaan ini merupakan bentuk pengakuan atas inovasi Pushidrosal dalam menggunakan teknologi Geographic Information System (GIS) dalam mendukung kinerja TNI AL dan industri kelautan dan perkapalan.

HDC milik TNI AL ini didukung oleh platform analisis berbasis lokasi terkemuka yang dinamakan ArcGIS. Teknologi ini sendiri berdiri di atas sistem pemrosesan yang digunakan Pushidrosal.

ArcGIS memfasilitasi proses integrasi data secara lancar. Data hidrografi ini datang dari beragam departemen dan institusi yang berafiliasi dengan TNI AL. ArcGIS kemudian menganalisis dan memvisualisasikan data yang telah diproses dalam bentuk dashboard pemetaan dinamis. Presentasi pemetaan yang dinamis ini memberi visualiasi yang jelas kepada para pembuat keputusan tentang faktor-faktor yang dapat mempengaruhi aktivitas atau operasi di laut.

BACA JUGA :  Klarifikasi Kedutaan Besar Amerika di Jakarta Atas Penulisan F-16C/D Block 25ID

Lebih jauh, teknologi ini juga membantu Pushidrosal secara lebih efisien berbagi data dengan departemen-departemen lain di seluruh organisasi. Dengan demikian, tidak perlu menggunakan USB flash drive untuk mentransfer informasi dalam jumlah besar untuk berbagi data hidrografi TNI AL.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Singapore Air Show 2016

Kapan Lagi Ada Pameran Dirgantara Besar di Tanah Air?

0
Saat ini di Singapura, sedang diadakan pameran kedirgantaraan yang rutin berlangsung dua tahun sekali, Singapore Air Show 2016. Singapore Air Show ini merupakan salah...

Recent Comments