Thursday, March 28, 2024
HomeBlog MiliterBoeing WC-135: Pesawat Pelacak Radiasi Nuklir

Boeing WC-135: Pesawat Pelacak Radiasi Nuklir

HobbyMiliter.com – Boeing WC-135: Pesawat Pelacak Radiasi Nuklir. Pada Jumat 24 Maret 2017 yang lalu, Bandara Sultan Iskandar Muda, Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) kedatangan tamu spesial, walupun tak ada undangan resmi, tapi telah mendarat pesawat intai strategis milik USAF. Nampak dari luar, pesawat tersebut mirip pesawat sipil pada umumnya, karena berbasis pada pesawat Boeing 707, tetapi memiliki nomor registrasi AF62-3582, atau biasa disebut dengan WC-135 Constant Phoenix. Jika diteliti lebih dalam, pesawat bermesin empat ini memiliki kemampuan nuclear sniffer, yang artinya dia mampu melacak paparan radiasi nuklir.
WC 2

Beberapa media menyebutkan, kalau WC-135 yang memiliki call sign Tora 82 sedang menjalankan misi ferry flight dari Lapangn udara Diego Garcia (Samudera Hindia) bertujuan ke Lapangan udara Kadena (Jepang). Tetapi di tengah perjalanan, pesawat berfasilitas air refuelling ini sedang dalam masalah, yaitu salah satu mesinnya ternyata rusak, sehingga pada pukul 12.23 WIB, Letkol Tony White berinisiatif untuk menghubungi tower Bandara SIM untuk memohon izin mendarat darurat.

BACA JUGA :  Boeing-SAAB Menangkan Tender Jet Latih T-X

WC 3

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

RM70-cover

RM70 Grad, Senjata Penghancur Dari Tengah Laut Milik Korps Marinir

0
HobbyMiliter.com – RM70 Grad, Senjata Penghancur Dari Tengah Laut Milik Korps Marinir. Hingga kini belum ada alutsista roket yang memiliki daya hancur sehebat MLRS...

Recent Comments