AL AS Mulai Gunakan P8A Poseidon Diseluruh Pantai Baratnya.
AL AS Mulai Gunakan P8A Poseidon Diseluruh Pantai Baratnya. Ilustrasi Pesawat Patroli Maritim P8A Poseidon.Sumber : janes.com

HobbyMiliter.com – AL AS Mulai Gunakan P8A Poseidon Diseluruh Pantai Baratnya. Angkatan Laut Amerika Serikat atau US Navy (USN,red) mulai melakukan proses transisi atau perubahan terhadap unit pesawat yang digunakan di skuadron – skuadron pesawat patroli maritim yang berada di sepanjang wilayah pantai barat negeri tersebut. Adapun skuadron pertama yang mendapat unit pesawat patroli maritim terbaru milik AS, P8A Poseidon, yakni Skuadron Patroli (VP)-4 ‘Skinny Dragons’ yang telah menerima sertifikat Safe for Flight (SfF) yang sekaligus menjadi dasar beroperasinya unit P8A Poseidon pertama bagi Skuadron Patroli tersebut.

Awal bulan ini, tepatnya pada tanggal 5 Mei 2017, pihak Skuadron Patroli (VP)-4 ‘Skinny Dragons’ menerima sertifikasi Safe for Flight (SfF) yang merupakan tanda resmi beroperasinya unit pesawat patroli maritim P8A Poseidon dalam tubuh Skuadron Patroli (VP)-4. Sebelumnya, Skuadron Patroli (VP)-4 tersebut mengoperasikan armada pesawat patroli maritim yang terdiri dari 6 unit pesawat patroli maritim P3C Orion.

Baca juga :   Korut Nasionalisasi Aset Korsel dan Luncurkan Rudal Jarak Pendek

Kedepannya, Skuadron Patroli (VP)-4 ‘Skinny Dragons’ akan secara bertahap menerima unit – unit pesawat patroli maritim P8A Poseidon. Diperkirakan sebanyak 7 unit pesawat patroli maritim Poseidon akan ditempatkan di Skuadron Patroli (VP)-4 ‘Skinny Dragons’ tersebut. Dengan beroperasinya unit pesawat patroli maritim Poseidon pada Skuadron Patroli (VP)-4, akan semakin dekat bagi unit Skuadron Patroli (VP)-47 untuk menjadi Skuadron Patroli kedua di wilayah pantai barat Amerika Serikat yang menerima unit pesawat patroli maritim Poseidon.

Baca juga :   Thailand Ketagihan Beli Pesawat Buatan PTDI Indonesia

Pesawat patroli maritim P8A Poseidon merupakan pesawat patroli maritim terbaru yang dibuat dan diproduksi oleh Amerika Serikat. Merupakan pesawat yang sebelumnya dijuluki Multimission Maritime Aircraft, Poseidon merupakan pesawat yang dikembangkan oleh perusahaan strategis pertahanan Boeing Defense, Space & Security. Pesawat ini dapat melaksanakan misi patroli maritim, pengintaian terhadap sasaran di lautan, serta eksekusi atau penindakan terhadap sasaran tersebut. Tak tanggung – tanggung, Poseidon dilengkapi dengan kemampuan dan persenjataan untuk misi peperangan anti kapal selam (AKS) dan peperangan anti kapal permukaan (AKPA). Pesawat ini dapat membawa 3 jenis munisi secara bersamaan, mulai dari Torpedo, Bom Laut (Depth charges), serta Rudal Anti Kapal AGM-84 Harpoon.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA UNTUK ANDA