Thursday, February 2, 2023
HomeBlog MiliterSTRIL, Sistem koordinasi & datalink AU Swedia

STRIL, Sistem koordinasi & datalink AU Swedia

Sejarah STRIL, Sistem Koordinasi & datalink AU Swedia- Hobbymiliter.com.  Bahwa Swedia terkenal sebagai salah satu negara di semenanjung Skandinavia yang bersifat independen atau dalam konteks pertahanan adalah ia mampu memproduksi dan menyerap alutsista buatan dalam negeri dan untuk tujuan ekspor.  Dalam artikel ini akan sedikit dibahas mengenai STRIL, sebuah sistem Koordinasi pertahanan udara dan datalink (C2) yang dimiliki AU Swedia (Flygvapnet).

Posisi Swedia dalam perang dingin.

Bahwa Swedia, seperti halnya negara-negara diluar tirai besi, menganggap adanya ancaman serangan dari Uni Soviet dan satelit-satelitnya. Dengan demikian diperlukan suatu sistem pertahanan yang bersifat komprehensif. Dalam hal ini angkatan udara Swedia atau Flygvapnet menginisiasi suatu rencana pertahanan yang disebut Bas 60 atau Flygbassystem 60.

BACA JUGA :  AS dan Tiongkok Siaga Perang Radar Elektronik Di Laut Cina Selatan

Bas 60 dan pengembangan sistem koordinasi untuk Flygvapnet

Sebagai inisiatif untuk menangkal serangan Uni Soviet, Militer Swedia melakukan inisiatif yang disebut “Bas 60” atau “Flygbassystem 60”. Dalam inisiatif ini, Militer Swedia membangun infrastruktur pangkalan udara dengan paradigma dispersal atau penyebaran aset udara.  Inisiatif Bas 60 ini sendiri dimulai pada tahun 1954. Konstruksi daripada infrastruktur untuk rencana tersebut dimulai pada tahun 1958.

Dhimas Afihandarin
Dhimas Afihandarinhttp://stealthflanker.deviantart.com
Pecinta militer, terutama yang berkaitan dengan topik Pertempuran elektronika dan desain alutsista.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

KRI Spica 934

Kapal Survey Hidrografi TNI AL, KRI Spica 934

0
HobbyMiliter.com - Setelah datangnya kapal survey hidrografi canggih dari Perancis KRI Rigel 933, kini TNI AL juga tengah menanti datangnya kapal survey hidrografi KRI Spica...

Recent Comments