Monday, May 23, 2022
HomeTiongkok Kembangkan Sistem Ketapel CATOBAR Pada Kapal Pengangkut Pesawatnya

Tiongkok Kembangkan Sistem Ketapel CATOBAR Pada Kapal Pengangkut Pesawatnya

Hobbymiliter.com – Tiongkok dilaporkan akan melanjutkan pengembangan program sistem Catapult-Assisted Take-Off But Arrested Recovery (CATOBAR) pada kapal pengangkut pesawat (aircraft carrier) mereka. Informasi ini diberitakan langsung oleh US Naval Institute setelah melihat jet tempur Shenyang J-15 Flying Shark yang teridentifikasi menggunakan sistem CATOBAR pada kapal pengangkut pesawat milik PLA Tiongkok, Kamis (22/9) silam.

Awal 2016, pihak Pangkalan Udara Huangdicun menerbitkan foto-foto di internet yang menunjukkan bahwa kapal pengangkut pesawat Tiongkok sudah dikonfigurasi untuk mengadopsi sistem peluncur ketapel CATOBAR. Menurut laporan dari IHS Janes, jet tempur J-15 yang terlihat dalam foto tersebut diketahui memiliki bilah peluncur ketapel pada roda hidungnya. Para pengamat menduga, jet tersebut adalah pesawat Tiongkok pertama yang digunakan untuk mengujicoba sistem CATOBAR. Shenyang J-15 sendiri diketahui menggunakan mesin turbofan AL-31 buatan Rusia.

BACA JUGA :  Tiongkok Akan Luncurkan 110 Roket Antariksa dan 20 Misi Luar Angkasa

IHS Janes melaporkan bahwa sejauh ini belum ada konfirmasi resmi dari pihak Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) ataupun bukti-bukti fisik yang mengarah pada konstruksi sistem peluncur CATOBAR. Namun beberapa pihak berspekulasi bahwa Tiongkok sebenarnya sudah mengembangkan modul awal untuk memproduksi sistem tersebut.

Eileen Aurora
Punya passion yang tinggi di penulisan artikel militer. Berusaha memberikan artikel artikel yang update di situs www.hobbymiliter.com Simak sajian berita militer hari ini dari kami setiap harinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

74-russian-helicopters-pamerkan-sistem-pencahayaan-suhu-terbaru

Russian Helicopters Pamerkan Sistem Pencitraan Suhu Gelap Gulita

0
Hobbymiliter.com - Pabrikan lensa elektronik Rusia, Shvabe, dan perusahaan Russian Helicopters resmi memperkenalkan unit helikopter angkut militer yang diberi nama Mi-17V-5. Helikopter ini dipersenjatai...

Recent Comments