Thursday, February 29, 2024
HomeMiliterTeknologi MiliterFlashing Light to Text Converter, Alat Komunikasi Antar Kapal Perang Tanpa Radio

Flashing Light to Text Converter, Alat Komunikasi Antar Kapal Perang Tanpa Radio

Flashing Light to Text Converter, Alat Komunikasi Antar Kapal Perang Tanpa Radio – HobbyMiliter.com – Secanggih apapun alat komunikasi pada kapal perang terbaru, tapi sudah menjadi hal wajib adanya sistem komunikasi tertentu pada situasi darurat.

Dikatakan darurat jika sistem komunikasi yang menggunakan radio di kapal tengah mengalami gangguan atau kerusakan, bahkan bila sistem GPS (Global Positioning System) tengah down, maka harus ada alat komunikasi yang efektif digunakan, setidaknya untuk berkomunikasi antar kapal perang di tengah suatu formasi tempur. Dilatar belakangi oleh situasi seperti yang digambarkan diatas, maka solusinya tertuju pada fungsi lampu sinyal (signal lamp) yang mengirimkan pesan kode morse antar kapal perang.

BACA JUGA :  Pentagon Kecewa Karena Diusir Oleh Duterte Dari Filipina

signal-1

Penggunaan lampu sinyal antar kapal perang merupakan teknik yang sudah cukup tua, karena sejak dimulainya Perang Dunia I, kapal perang permukaan telah menggunakan cara komunikasi seperti ini. Dan ditengah kemajuan perangkat komunikasi yang berbau digital, funsi lampu sinyal walaupun tak menjadi yang utama, tetapi sosoknya selalu hadir di setiap kapal perang, pastinya kapal perang TNI AL juga. Dalam operasi konvoi kapal perang harus melakukan radio silent (guna menghindari penyadapanan oleh lawan), membuat penggunaan lampu sinyal menjadi teknik komunikasi utama sampai saat ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

49-as-ujicoba-rudal-nuklir-kosong-di-nevada

Ujicoba Senjata Atom, AS Jatuhkan Dua Rudal Nuklir Kosong

0
Hobbymiliter.com - Sepasang pesawat pengebom B-2 milik US Air Force menjatuhkan dua buah rudal nuklir kosong seberat 300 kilogram di tengah-tengah gurun Nevada beberapa...

Recent Comments