Thursday, April 25, 2024
HomeMiliterTeknologi MiliterFlashing Light to Text Converter, Alat Komunikasi Antar Kapal Perang Tanpa Radio

Flashing Light to Text Converter, Alat Komunikasi Antar Kapal Perang Tanpa Radio

Tapi pada faktanya, tidak semua awak atau anak buah kapal bisa mengoperasikan lampu sinyal. Hal inilah yang memotivasi Office of Naval Research’s (ONR) TechSolutions, mengeluarkan sebuah prototipe alat yang berlabel Flashing Light to Text Converter (FLTC). Tujuan utamanya adalah agar pelaut yang tidak memiliki keahli kode morse mampu mengirimkan dan menerima pesan morse dengan cepat melalui lampu sinyal.

signal-2

Alat komunikasi FLTC tersusun dari lamp shutters atau lampu LED untuk menggantikan lampu pijar yang sering digunakan pada signal lamp saat ini. Sedangkan alat penerimanya (receiver) berupa kamera GoPro yang dapat menangkap kedipan lampu yang berisi kode morse yang diberikan oleh kapal pengirim.

BACA JUGA :  KRI Cakalang 852 Akan Perkuat TNI AL

Melalui software khusus yang terinstall pada tablet, pesan morse yang ditangkap oleh kamera GoPro mampu menterjemahkan secara langsung menjadi kata atau kalimat. Begitu pula sebaliknya, untuk mengirimkan pesan morse ke kapal lainnya, operator hanya mengetikan pesan berupa kalimat pada tablet atau smartphone, lalu selanjutnya software akan mengkonversikan ke dalam kode morse, yang selanjutnya pesan morse dipancarkan secara otomatis melalui lampu sinyal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Bercanda Gaya Akademi Militer

0
Bagaimana para kadet Akademi Militer Yogyakarta angkatan pertama membangun semangat korps lewat perilaku-perilaku lucu.Para kadet MA saat terjun dalam Perang Kemerdekaan (Dok. Moehkardi)Bercanda Gaya...

Recent Comments