Thursday, April 18, 2024
HomeAlutsistaKapal PerangHMAS Sirius, Kapal Tanker Militer Terbesar Se Lautan Pasifik

HMAS Sirius, Kapal Tanker Militer Terbesar Se Lautan Pasifik

HMAS Sirius, Kapal Tanker Militer Terbesar Se Lautan Pasifik – HobbyMiliter.com – Masih teringat jelas dalam memori mengenai operasi pembebasan sandera MV Sinar Kudus di Teluk Aden pada tahun 2011 yang lalu, ketika itu Satuan Tugas (Satgas) Duta Samudera I yang beranggotakan 2 frigat Van Speijk Class, yaitu KRI Abdul Halim Perdanakusuma 355 serta KRI Yos Sudarso 353 bergerak menuju lokasi penyanderaan.

Bertolak dari Tanjung Priok pada tanggal 23 Maret 2011, jika ditarik garis lurus maka jarak yang ditempuh dua frigat TNI AL itu mencapai 6.500 km dari Indonesia, sedangkan jarak jelajah frigat Van Speijk adalah maksimal 4.000 km. Berdasarkan perhitungan itu semua, maka kedua kapal perang keluaran tahun 60-an itu membutuhkan pengisian ulang perbekalan dan bahan bakar tambahan agar bisa mencapai lokasi.

BACA JUGA :  Atase Pertahanan Perancis Kunjungi Markas Komando Armada Timur TNI AL, Tingkatkan Kerjasama Indonesia – Perancis

sirius-1

Walaupun pada akhirnya operasi pembebasan ini dikatakan berhasil, tapi pada gelar operasi lintas samudera, kedua kapal itu ternyata memerlukan waktu yang cukup lama hingga akhirnya tiba di Teluk Aden. Dikarenakan minimnya daya jelajah kapal, menyebabkan perjalanan menuju lokasi membutuhkan waktu mencapai 2 minggu. Berangkat pada tanggal 23 Maret 2011, kapal lalu merapat di Teluk Bayur, Padang, selanjutnya pada tanggal 25 Maret 2011 tiba di Kolombo, Srilanka, lalu tanggal 29 Maret 2011 tiba di Perairan Somalia, dan akhirnya berlabuh di Salalah, Oman pada tanggal 6 April 2011.

BACA JUGA :  MARINIR INDONESIA – AMERIKA BERLATIH MENEMBAK

Dua kapal perang peninggalan AL Belanda ini memang mengangkut muatan penuh, disamping full armament, turut serta pula pasukan Marinir (Kopaska dan Denjaka), lalu pasukan Kopassus, ditambah 1 heli NBo-105, dan 3 RHIB (Rigid Hull Inflatable Boat) V-Shape SeaRider. Kalau dilihat dari proses operasi lintas laut, sesungguhnya perjalanan kedua frigat dapat lebih cepat sampai lokasi, salah satunya caranya adalah dengan menggunakan fasilitas kapal tanker yang memiliki kelebihan RAS (Replenishment at Sea). RAS yaitu proses isi ulang bahan bakar saat kapal tengah melaju di perairan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

KFX Kerjasama Indonesia - Korea Selatan.

Amerika Kembali Menolak Alih Teknologi Untuk KFX

0
HobbyMiliter.com - Amerika Serikat kembali menolak permintaan Korea Selatan atas alih teknologi 4 teknologi kunci (RF jammer, AESA radar, IRST, dan electronic optic targeting...

Recent Comments