Tuesday, May 24, 2022
HomeMiliterAlutsistaBagaimana drone menaklukkan pertahanan udara ?

Bagaimana drone menaklukkan pertahanan udara ?

Bagaimana drone menaklukkan pertahanan udara ?- Hobbymiliter.com. Bidang Pertahanan udara dewasa ini memiliki sebuah pertanyaan,  utamanya setelah perang Suriah, Libya, serangan drone AS di Iraq dan tentunya konflik baru-baru ini yaitu konflik Nagorno-Karabakh.Utamanya ya bagaimana sebuah drone itu menaklukkan pertahanan udara

Dalam artikel singkat ini akan dibahas beberapa faktor, ya nggak banyak-banyak amat. Cukup yang umum saja.

Terbang sangat rendah.

Cakrawala Radar
Batas cakrawala radar yang dapat dimanfaatkan drone

Bahwa bumi kita yang bulat, memiliki sifat yang dapat dimanfaatkan oleh sebuah drone atau pesawat pada umumnya dalam menjalankan misinya yaitu cakrawala atau radar horizon. Sifat ini menjadi salah satu momok utama daripada radar atau sensor yang berbasis darat.  Drone atau benda terbang lain yang terbang sangat rendah akan lebih sulit di deteksi daripada yang terbang tinggi.

Bahwa faktor cakrawala sendiri juga bukan hanya satu-satunya alasan untuk terbang rendah, faktor lain yang “membantu” misi drone melawan pertahanan udara dengan terbang rendah adalah clutter.

BACA JUGA :  Persiapan Pra-Operasi Suriah, Turki dan Arab Saudi Gelar Latihan Udara Bersama

Clutter di radar pertahanan udara atau sensor lain.

Clutter sendiri itu merupakan objek yang tidak diinginkan namun tetap muncul di layar radar karena ia berada di lokasi yang sama dengan yang sedang “disapu” oleh radar. contoh daripada clutter ini utamanya untuk radar militer adalah tanah, pegunungan, kota dan burung.

Kenapa clutter ini bisa ikut muncul ? Apakah tidak bisa pancaran radar itu difokuskan sehingga bagian yang ada clutternya ini tidak tersorot ? jawabannya adalah sangat sulit.

dalam dunia antena kita mengenal pola pancar/radiasi atau kalau mencari di mbah gugel adalah “antenna radiation pattern” Kita dapat melihat bahwa antena ini ya sebenarnya memancarkan gelombang elektromagnetik ke segala arah juga.

BACA JUGA :  Helibras Tampilkan Helikopter H225M Pertama Yang Dipersenjatai Rudal Exocet
sidelobe and mainlobe
Pancaran antenna, ada sidelobe dan mainlobe

Pancaran radar yang “terkuat” dan mengarah ke arah yang diinginkan disebut dengan mainlobe, sementara pancaran yang mengarah ke selain daripada arah yang kita inginkan disebut “Sidelobe”.

Baik sidelobe maupun mainlobe ini adalah dapat menjadi sumber clutter (sidelobe clutter atau mainlobe clutter) Baik pada radar pertahanan udara namun juga radar secara umum. Dengan terbang rendah maka drone akan dapat “memaksa” radar untuk terpapar mainlobe atau sidelobe clutter karena mau tidak mau pasti pancaran radar akan “mengenai” tanah. Daya jangkau jelas berkurang karena radar pertahanan udara harus memfilter semua pantulan balik yang ia terima.

Multipath Propagation/ perambatan gelombang dari berbagai jalur

Bahwa selain clutter, ada fenomena lain yang dapat menganggu sensor utamanya radar pertahanan udara dengan jenis penjejak sasaran (Tracking radar) Yaitu Multipath propagation.

BACA JUGA :  US Navy Resmikan Operasional UAV MQ4C Triton

Multipath propagation adalah suatu fenomena yang disebabkan oleh “perjalanan” gelombang radar yang dipantulkan atau dihamburkan objek yang terpapar.  Pada fenomena ini gelombang yang dipantulkan akan saling “bertabrakan” satu-sama lain, dengan intensitas bergantung daripada konstanta dielektrik tanah atau air yang dilewati.

1920px-Multipath_propagation_diagram_en.svg
Illustrasi efek Multipath propagation pada radar (wikipedia)

Efek daripada interaksi antar gelombang yang bertabrakan ini dapat memperkuat (Interferensi konstruktif) atau memperlemah (interferensi destruktif). Yang memperlemah dapat membuat sasaran seakan “hilang” dari layar radar, sementara yang memperkuat dapat membuat sasaran seakan-akan terlihat di atas atau dibawah.

Fenomena diatas adalah sudah dikenal lama di dunia pertahanan udara semenjak radar muncul dan menjadi “momok” bagi radar pertahanan udara yang harus menjejak sasaran yang terbang sangat rendah.

Dhimas Afihandarinhttp://stealthflanker.deviantart.com
Pecinta militer, terutama yang berkaitan dengan topik Pertempuran elektronika dan desain alutsista.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Foto Reruntuhan AMX-13 di Same, Timor Timur 1990

2
Sebuah reruntuhan Tank ringan TNI-AD AMX tampak terongok ditepi sebuah hutan. Tank ini terlihat seperti hancur terbakar. Tidak dijelaskan apa sebab dan kapan terjadinya...

Recent Comments