Sunday, July 21, 2024
HomeMiliterKisah MiliterBagaimana Cara U-Boat Jerman Bisa Mencapai Nusantara?

Bagaimana Cara U-Boat Jerman Bisa Mencapai Nusantara?

Dalam memperkuat pengaruh di Asia Timur, tercatat sekitar 40 unit U-Boat dikirimkan untuk misi tempur jarak jauh itu. Dan Armada pengiriman pertama sekitar 11 unit U-Boat, yang dikenal dengan nama Gruppe Monsun, sudah sampai di Samudra Hindia pada pertengahan tahun 1943. Misi utama Gruppe Monsun adalah memotong suplai sumber daya Sekutu di Laut Arab, Teluk Oman, serta Teluk Persia.

Wilayah Asia adalah pendukung pasokan logistik bagi pasukan Sekutu, terutama Inggris yang memiliki kolonial di India. Karena itu, Jerman dan Jepang membangun operasi militer bersama di Samudra Hindia untuk menyerang kawasan Asia-Pasifik, sekaligus untuk memotong pasokan logistik Sekutu dari Australia dan Selandia Baru.

BACA JUGA :  Jepang Siapkan 240 Milyar Dollar AS Untuk Anggaran Pertahanan

uboat-2

Diantara 11 unit U-Boat, mayoritas adalah Varian IXC/40 (9 unit) dan dua unit sisanya adalah Varian IXD2. Varian IXC/40 merupakan jenis U-Boat jarak jauh yang tenggelam di Laut Jawa, Perairan Karimunjawa. Dua diantaranya adalah U-168 dan U-183 yang karam di Laut Jawa saat penyergapan oleh kapal selam Belanda serta Amerika Serikat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Nasib Armada Jet Tempur F-16 AU Norwegia.

Nasib Armada Jet Tempur F-16 AU Norwegia

0
HobbyMiliter.com - Nasib Armada Jet Tempur F-16 AU Norwegia. Angkatan Udara Norwegia merupakan satu dari sekian banyak Angkatan Udara yang mengoperasikan pesawat jet tempur legendaris,...

Recent Comments