Tuesday, December 6, 2022
HomeMiliterKisah MiliterKisah Perang Teluk : Pilot Inggris Jadi Tawanan Irak

Kisah Perang Teluk : Pilot Inggris Jadi Tawanan Irak

Kisah Perang Teluk : Pilot Inggris Jadi Tawanan Iraq – HobbyMiliter.com – Angkatan Udara Kerajaan Inggris kehilangan enam fighter-bomber Tornado dalam aksinya terhadap sejumlah target di Irak. Salah satunya dirontokkan pada Hari Valentine 14 Februari 1991 dalam serangan terhadap pangkalan udara Al Taqaddam, dekat Baghdad. Dua peluru kendali SA-3 buatan Uni Soviet berhasii merontokkannya, berikut adalah ceritanya.

Sinar matahari mulai terbit di atas lapangan udara Muharraq, Bahrain saat Wing Commander John Broadbent sebagai pemimpin kekuatan serangan udara delapan Panavia Tornado dan empat Buccaneer lepas landas. Setiap Tornado menggotong dua 1.000 pon laser-guided bomb (LGB) sementara tiap Bucaneer diperlengkapi dengan Pave Spike designator pod untuk laser-mark target bagi bom yang bakal dilepas Tornado. Bucanner berfungsi sebagai spotter dan Tornado sebagai sniper pengeksekusi. Para awaknya sebelumnya di brief mengenai serangan pada sasaran HAS (hardened aircraft shelter) lapangan udara Al Taqaddam.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

TNI AL China Coast Guard Hobby Militer

Foto Foto Insiden Laut China Selatan 20 Juni 2016

1
Pada tanggal 20 Juni 2016 yang lalu telah terjadi insiden penangkapan sebuah kapal nelayan China di wilayah Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia di utara pulau...

Recent Comments