Thursday, March 28, 2024
HomeMiliterTeknologi MiliterRadio Compass, Penuntun Navigasi Pesawat Terbang

Radio Compass, Penuntun Navigasi Pesawat Terbang

Radio Compass, Penuntun Navigasi Pesawat Terbang – HobbyMiliter.com – Puluhan tahun, penuntun arah atau posisi pesawat menjadi instrumen navigasi yang paling vital bagi sebuah pesawat terbang. Pesawat biasa memiliki dua jenis kompas, yakni magnetic compass dan radio compass. Keduanya begitu populer, terutama sebelum piranti Global Positioning System (GPS) yang keseluruhannya mengandalkan satelit militer Amerika bisa dibeli oleh kalangan non-militer.

Tak terbayangkan memang sebuah pesawat tanpa peralatan navigasi. Itu sebabnya, di antara lebih dari 70 instrumen yang terpampang di kokpit, magnetic compass dan radio compass telah menjadi alat bantu navigasi (navigation aid) yang paling sering dilihat. Maksudnya jelas, yakni agar arah penerbangan tidak melenceng.

BACA JUGA :  Kemenhan Rusia Terjunkan Mobil Angkut Senapan Mesin Berat Ke Suriah

Kedua jenis compass punya kelemahan, sehingga keduanya selalu saling mendukung dalam membantu penerbang menentukan posisi dan arah. Ketika pada titik-titik tertentu magnetic compass tak mampu menunjukkan arah yang pasti, penerbang akan mengecek radio compass mengingat penunjuk arahnya telah diset secara internasional. Penunjuk arahnya tak lain adalah pemancar gelombang radio yang telah tersebar rapat hampir di semua pelosok dunia.

Hingga kini ada empat pemancar penunjuk arah radio compass yang telah distandarisasi secara intemasional. Keempat pemancar ini, adalah: Automatic Direction Finder (ADF), Non Directional Beacon (NDB), Very Omni Range (VOR) dan Instrumen Landing System (ILS). Sebagai pemancar yang dipasang di darat, NDB akan memancarkan gelombang radio yang kemudian diterima ADF yang terpasang di pesawat.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

76-prancis-dan-inggris-kembangkan-combat-drone

Kembangkan Combat Drone, Prancis dan Inggris Kucurkan Dana 28 Triliun

0
Hobbymiliter.com - Prancis dan Inggris pada hari Kamis (3/3) menandatangani perjanjian untuk menginvestasikan modal senilai lebih dari dua miliar euro (28 triliun rupiah) untuk...

Recent Comments