Friday, May 17, 2024
HomeAlutsistaPesawat TerbangPesawat Antonov An-74T-200, Jet Angkut Multiguna

Pesawat Antonov An-74T-200, Jet Angkut Multiguna

Pesawat Antonov An-74T-200, Jet Angkut Multiguna – HobbyMiliter.com – Salah   satu pesawat jet kelas ringan dari Ukraina yang kini gencar dipromosikan adalah Antonov An-74T varian 200 (An-74T-200). Produksi serial pesawat ini dilaksanakan Kharkov State Aircraft Manufacturing Company (KSAMC) Ukraina.

Perusahaan ini merupakan yang tersukses dari semua perusahaan pesawat di negara-negara pecahan Uni Soviet dalam membuat pesawat transpor. Maklumlah, di dalamnya terdapat biro desain Antonov yang kondang dengan produk pesawat kargo raksasa An-124 Ruslan dan An-225 Mriya.

BACA JUGA :  Sejarah Hari Kemerdekaan Thailand

Antonov An-74 dikembangkan dari basis pesawat STOL (Short Take-Off and Landing) Antonov An-72 pada tahun 1983. Derivatif (turunan) An-72 ini mengadopsi kemampuan manuver, kemudahan dalam penanganan, kemampuan STOL yang baik, umur pakai yang panjang serta reliability yang tinggi sebagaimana dirintis induknya.

Sepertinya, ciri ini memang akan ditonjolkan sebagai ikon dari klan atau keluarga An-74. Walau sebenarnya, dengan posisi engine seperti itu, akan membutuhkan tools khusus untuk merawatnya. Tapi apa boleh buat, hanya konfigurasi seperti itu yang memungkinkan pesawat bisa mendarat di landasan ekstrim sekalipun, tanpa takut kena FOD.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Trimatra Flight

Refleksi HUT Ke-76 Tentara Nasional Indonesia-Sebuah Opini

0
Refleksi HUT Ke-76 Tentara Nasional Indonesia - Sebuah Opini - Hobbymiliter.com – Hari ini, Selasa, 5 Oktober 2021, genap tujuh puluh enam tahun usia...

Recent Comments