Foto Kunjungan Kapal Perang India Ke Surabaya
Foto Kunjungan Kapal Perang India Ke Surabaya. INS Shivalik dan INS Sahyadri.Sumber : IMF ; hobbymiliter.com

HobbyMiliter.com – Foto Kunjungan Kapal Perang India Ke Surabaya. Sebanyak empat unit kapal perang milik Angkatan Laut India mengadakan kunjungan ke Surabaya setelah sebelumnya mengunjungi Jakarta. Rombongan kapal perang tersebut terdiri dari 2 unit kapal perang jenis Frigate kelas Shivalik dengan nama INS Shivalik F-47 dan INS Sahyadri F-49 ; 1 unit kapal perang jenis Corvette kelas Kamorta dengan nama INS Kamorta P-28 ; serta 1 kapal pendukung operasi jenis Replenishment Oiler dengan nama INS Jyoti A-58.

Adapun misi utama dari kunjungan rombongan kapal perang India ini selain mempertegas kemampuan mereka untuk dapat hadir melaksanakan misi pengamanan territorial laut blue water navy juga untuk mempererat hubungan kerjasama antara kedua negara dalam bidang pertahanan khususnya kedua Angkatan Laut dari kedua negara. Berikut hasil jepretan tim HobbyMiliter terkait kedatangan rombongan kapal perang tersebut :

Foto Kunjungan Kapal Perang India Ke Surabaya.
  • Facebook
  • Google+
  • Twitter
  • Tumblr
  • Pinterest
Foto Kunjungan Kapal Perang India Ke Surabaya. INS Kamorta dan INS Jyoti (INS Jyoti berada tepat dibelakang INS Kamorta)
Sumber : IMF dan hobbymiliter.com
Foto Kunjungan Kapal Perang India Ke Surabaya
  • Facebook
  • Google+
  • Twitter
  • Tumblr
  • Pinterest
Foto Kunjungan Kapal Perang India Ke Surabaya. INS Shivalik Dan INS Sahyadri Sandar Dengan Mode Tender (Berjejer Menyamping).
Sumber : IMF dan hobbymiliter.com

Sebelumnya kapal – kapal perang milik Angkatan Laut India tersebut telah melaksanakan kunjungan muhibah di Jakarta. Kapal – kapal tersebut kemudian melanjutkan perjalanan ke Surabaya pada tanggal 30 Mei 2017. HobbyMiliter sempat menunggu kedatangan kapal – kapal perang tersebut di Dermaga Jamrud Utara, Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya pada malam hari tanggal 31 Mei 2017. Namun karena saat itu kapal belum sandar maka HobbyMiliter memutuskan untuk pulang dan kembali lagi pada pagi hari tanggal 1 Juni 2017. Saat HobbyMiliter kembali ke dermaga Jamrud Utara pada pagi hari tanggal 1 Juni tersebut, HobbyMiliter melihat bahwa kapal – kapal perang tersebut sudah merapat dan dalam penjagaan ketat oleh pihak aparat keamanan gabungan mulai dari Port Security, Kepolisian, TNI AD, serta TNI AL.

Baca juga :   Mengenal Global Hawk, Drone Terbaru Milik NASA & Angkatan Udara AS

Berdasarkan pantauan HobbyMiliter posisi sandar kapal yakni INS Shivalik dan INS Sahyadri sandar dengan metode tender atau berjejer menyamping. Sedangkan INS Kamorta dan INS Jyoti sandar dengan metode memanjang kebelakang, INS Kamorta tepat dibelakang INS Shivalik dan INS Sahyadri. INS Jyoti sandar pada posisi paling ujung di dermaga Jamrud Utara pelabuhan Tanjung Perak tersebut.

INS Shivalik dan INS Sahyadri merupakan kapal perang jenis Frigate kelas Shivalik yang memiliki kemampuan dan persenjataan untuk melaksanakan misi peperangan Anti Kapal Permukaan (AKPA) ; Anti Kapal Selam (AKS) serta peperangan Anti Pesawat. Sedangkan INS Kamorta merupakan kapal perang jenis Corvette kelas Kamorta yang di desain khusus untuk melaksanakan peperangan Anti Kapal Selam (Anti Submarine Warfare / ASW Corvette). Untuk INS Jyoti sendiri merupakan kapal suplai yang dapat memberikan pasokan air bersih serta bahan bakar bagi kapal – kapal perang Angkatan Laut India lainnya yang sedang dalam misi pelayaran jarak jauh.

Baca juga :   Korea Utara Akan Luncurkan Roket Luar Angkasa, AS Keberatan

 

Jangan lupa isi form komentar di bawah
ARTIKEL MENARIK LAINNYA UNTUK ANDA