Thursday, April 18, 2024
HomeMiliterTeknologi MiliterRadio Compass, Penuntun Navigasi Pesawat Terbang

Radio Compass, Penuntun Navigasi Pesawat Terbang

Pemancar-pemancar tersebut menggunakan gelombang radio frekwensi AM. Tak heran jika alat bantu navigasi seperti radio compass ADF yang terpasang di pesawat dapat menerima pula pancaran siaran radio umum. Di wilayah Indonesia, misalnya, ADF bisa pula digunakan untuk mendengar siaran Radio Republik Indonesia. Sehingga tak heran jika pancaran RRI yang tersebar di hampir seluruh kota di Indonesia kerap dijadikan pula sebagai penentu arah bagi pesawat terbang.

Penerbang TNI AU biasanya memiliki daftar frekwensi stasiun RRI yang ada di sejumlah kota. Frekwensi itu dapat dimanfaatkan untuk memastikan posisi pesawat. Pancaran sinyalnya bisa digunakan untuk menentukan posisi pesawat, apakah ada di kanan atau kiri, di utara atau selatan sebuah kota.

BACA JUGA :  SSBA (Senapan Serbu Bawah Air) PT Pindad Yang Berbasis APS Rusia

Saat pesawat yang pilot awaki terbang dari Jakarta menuju Surabaya, misalnya, tatkala mendekati Semarang, misalnya, pilot bisa memutar RRI Semarang di alat navigasi radio compass ADF. Saat itu pulalah, sambil menunaikan tugas sebagai pilot, ia mendengarkan siaran RRI di head set yang melingkar di kepalanya.

Manakala jarum pada radio compass ADF mengarah ke kiri, itu artinya posisi pesawat berada di Selatan kota. Semakin mendekati Semarang, jarum akan menunjuk sudut yang semakin besar, yang selanjutnya akan mengarah ke belakang ketika pesawat sudah melewati kota.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

66-isis-eksekusi-komandannya-di-irak

ISIS Eksekusi 4 Komandan dan 35 Anggotanya Di Irak

0
Hobbymiliter.com - Anggota kelompok teroris Daesh alias ISIS dilaporkan baru saja mengeksekusi 3 lusin anggotanya. Eksekusi ini dilakukan di provinsi utara Irak, Nineveh, yang sedang...

Recent Comments