Pesawat Tanker Besutan Ilyushin, IL78 Sedang Melaksanakan Mii Penerbangan Perdana.
Pesawat Tanker Besutan Ilyushin, IL78 Sedang Melaksanakan Mii Penerbangan Perdana.Sumber : defenceblog

HobbyMiliter.com – Sebuah prototype pesawat tanker atau pesawat dengan kemampuan melaksanakan pengisian bahan bakar terhadap pesawat lain di udara yang dibangun oleh perusahaan industri aviasi legendaris asal Rusia, Ilyushin, dikabarkan baru – baru ini telah sukses melaksanakan penerbangan perdananya. Pesawat aerial tanker tersebut disebut sebagai Ilyushin IL78 MD90-A. Pesawat tanker udara tersebut mengudara untuk pertama kalinya pada tanggal 25 Januari 2018.

Prototype pesawat tanker tersebut dipiloti oleh seorang pilot uji atau test pilot yang juga merupakan seorang Pahlawan Nasional Rusia. Mendapat gelar Hero of the Russian Federation, Nikolai Dmitrievich Kuimov, berhasil menerbangkan prototype pesawat tanker tersebut untuk pertama kalinya. Kuimov juga menjabat sebagai kepala pilot (chief pilot) bagi Ilyushin, perusahaan aviasi legendaris asal Rusia tersebut.

Baca juga :   Ditentang Baghdad, Turki Bersikeras Tempatkan Tentaranya di Irak

Bagi pihak Ilyushin dan juga negara Rusia, kesuksesan penerbangan perdana prototype pesawat IL78 MD90-A juga menjadi catatan khusus tersendiri bagi mereka khususnya dari segi historis. Pesawat aerial tanker tersebut merupakan pesawat jenis tanker pertama yang dibuat di dalam negeri Rusia pasca era Uni Soviet. Meskipun tergolong sebagai sebuah pesawat baru, namun sejatinya pesawat tanker udara ini dibangun dengan mengambil basis pesawat angkut legendaris besutan Ilyushin, IL76 MD90A.

Sebelumnya proses produksi pesawat IL78 dilaksanakan di Uzbekistan. Diperlengkapi dengan mesin PS-90A-76 generasi terbaru, dengan tingkat konsumsi bahan bakar 12 hingga 14% lebih rendah daripada mesin D-30KP yang sebelumnya dipasang pada pesawat tanker yang sama dalam konfigurasi yang lama, membuat IL78 varian baru ini memiliki jarak jangkau yang lebih jauh serta kapasitas bahan bakar yang lebih besar.

Baca juga :   Prancis dan AS Desak Turki Hentikan Serangan Ke Wilayah Kurdistan Suriah

Kedepan, Rusia akan mendayagunakan IL78 sebagai pesawat tanker udara utama yang akan bertugas mengisi bahan bakar pesawat – pesawat militer Rusia yang sedang melaksanakan operasi baik di garis depan, maupun dalam operasi rutin ataupun operasi khusus yang melibatkan pesawat – pesawat khusus. Selain disiapkan sebagai pesawat tanker udara utama di armada Angkatan Udara Rusia, IL78 juga akan diproduksi massal dengan menggunakan teknologi yang lebih modern. Sebut saja sistem perakitan pesawat atau Assembly Line yang akan melaksanakan tugasnya untuk merakit pesawat dengan tingkat Otomasi yang tinggi.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA UNTUK ANDA