Tuesday, March 19, 2024
HomeBerita MiliterBerita Militer DuniaAustralia Terima Dua Unit Jet Tempur F35A Pertama Untuk RAAF

Australia Terima Dua Unit Jet Tempur F35A Pertama Untuk RAAF

Sebuah formasi gabungan antara pesawat jet tempur F/A-18 Hornet juga mengawal penerbangan kedua unit jet tempur F35A ini. Formasi gabungan ini juga merupakan bentuk “serah terima jabatan” dari jet tempur F/A-18 Hornet kepada jet tempur F35A yang nantinya memang akan menggantikan peranan dari unit – unit jet tempur F/A-18 Hornet milik Royal Australian Air Force (RAAF) tersebut.

Dengan kecepatan maksimal hingga 1.975 kilometer per jam, jet tempur ini diklaim sebagai salah satu jet tempur paling canggih di dunia. Hadirnya jet tempur generasi ke-5 F35A Joint Strike Fighter di daratan Australia membuat negeri Kanguru ini menjadi negara pertama di belahan bumi Selatan yang mengoperasikan pesawat jet tempur dengan kemampuan siluman atau stealth.

Meski demikian, Australia harus tetap membayar harga mahal untuk proyek pengadaan pesawat ini. Selain biaya pengadaan yang mahal -meski harga pesawat akan jauh lebih murah pada tahun – tahun mendatang- dan biaya operasional yang juga mahal, publik Australia rupanya juga menyoroti kemungkinan rapuhnya lapisan material penyerap gelombang radar atau Radar Absorbing Material (RAM) pada jet tempur F35A ini.

Kristian Prasetyo Lobo
Kristian Prasetyo Lobohttps://www.facebook.com/Achtung.sniper
Just an ordinary person who loves diecast and military related-stuffs. Enjoy my writings as you enjoy your daily delicious food. Wanna put some suggestion? Don't hesitate to comment on my posts or you can sending me message on my facebook profile. ^^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

9-kudeta-militer-turki-90-warga-tewas

Kudeta Militer Turki: 90 Warga Tewas, Pemimpin Kudeta Ditangkap

0
Hobbymiliter.com - Percobaan kudeta yang dilakukan oleh militer Turki berujung pada tewasnya puluhan warga di seluruh penjuru negeri Anatolia tersebut. 90 orang yang tergabung...

Recent Comments