Jokowi Naikkan Anggaran TNI Menjadi Rp 250 T

1
3312
Jokowi Naikkan Anggaran TNI Menjadi Rp 250 T

Hobbymiliter.com – Dalam Rapat Terbatas yang diadakan di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (23/2/2016), hadir Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menko Polhukam Luhut B. Pandjaitan, Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menko PMK Puan Maharani, Mensesneg Pratikno, Seskab Pramono Anung, Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, Mendagri Tjahjo Kumolo, Menlu Retno LP Marsudi, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, KSAD, KSAU, KSAL, Kapolri Jenderal Badrodin Haiti dan Kepala Staf Presiden Teten Masduki.

Dalam rapat tersebut, Presiden Jokowi mengatakan bahwa saat ini anggaran TNI hanya sekitar 0,89 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB) nasional. Berdasarkan laporan Badan Pusat Statistik (BPS), PDB nasional pada kuartal IV Tahun 2015 tumbuh 5,04 persen yakni mencapai Rp 11.540,8 triliun.

BACA JUGA :  Qatar Hibahkan Kendaraan Tempur Storm APC Untuk Mali

“Saya berikan sedikit gambaran bahwa anggaran TNI sebelumnya 0,89 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB). Yang sebelumnya lagi, 0,78 persen dari PDB, dan sekarang paling tidak 1,1 persen dari PDB kita,” katanya.

“Ke depan kalau pertumbuhan ekonomi bisa naik paling tidak di atas 6, akan muncul angka 1,5 % dari PDB dan ini adalah sebuah angka yang besar. Perhitungan saya tadi kurang lebih bisa mencapai Rp 250 triliun,” tambahnya.

Presiden Jokowi juga menegaskan, agar penggunaan produk-produk dalam negeri menjadi perhatian. Ia mengingatkan bahwa penggunaan produk dalam negeri, sangat penting.

BACA JUGA :  Tiga Kapal Perang Milik AL Singapura Kunjungi Surabaya

“Penting sekali. Kita lihat belanja-belanja yang ada, saya kira sudah sesuai porsi, baik belanja pegawai, belanja barang, alutista. Tapi sekali lagi, perencanaan harus matang, detail, dalam sebuah strategi pembangunan kekuatan seperti apa. Itu yang kita inginkan ke depan,” tutup Presiden Jokowi.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here