Kendaraan Tempur Anti Tank Centauro II Mulai Tampakkan Diri

0
2816
Kendaraan Tempur Anti Tank Centauro II Mulai Tampakkan Diri
Kendaraan Tempur Anti Tank Centauro II Mulai Tampakkan Diri. Sumber : leonardo Defence Systems

HobbyMiliter.com – Kendaraan Tempur Anti Tank Centauro II Mulai Tampakkan Diri. Perusahaan industri pertahanan asal Italia, Leonardo Defence Systems rupanya telah mengkonfirmasi adanya kontrak untuk pembuatan sebanyak 11 unit kendaraan tempur anti tank Centauro II Mobile Gun System atau MGS. Kontrak pembuatan 11 unit ranpur tersebut didapat dari pemerintah Italia dan telah ditandatangani sejak bulan Juli 2018 silam. Sebanyak 11 unit ranpur anti tank Centauro II MGS akan diproduksi dalam kontrak ini, jumlah ini sudah termasuk satu unit prototype kendaraan tempur tersebut yang telah melalui masa uji coba pengguna atau user trials.

Uji coba pengguna yang telah dilaksanakan menghasilkan beberapa usulan untuk meningkatkan performa dari kendaraan tempur anti tank buatan Leonardo Defence Systems ini. Diantara sederet usulan teknis untuk peningkatan kemampuan kendaraan tempur tersebut yakni pemasangan sistem identifikasi kawan atau lawan atau biasa disebut Identification of Friend or Foe (IFF), pemasangan perangkat komunikasi radio generasi terbaru, serta pemasangan alat pelontar granat yang sesuai persyaratan untuk memenuhi kebutuhan dan menyesuaikan terhadap kondisi lingkungan Eropa.

BACA JUGA :  TNI AU Setujui Kontrak Suku Cadang Pesawat, Senilai Rp 323 Miliar

Tidak hanya itu, posisi senjata sekunder berupa senapan mesin berat kaliber 12,7 milimeter akan diubah karena posisi penempatannya saat ini akan menghalangi pandangan dari perangkat penjejak laser dan sistem penglihatan thermal Leonardo Attila. Proses produksi dari kendaraan tempur anti tank tersebut akan dilaksanakan di fasilitas produksi kendaraan militer milik Iveco Defence Vehicle, yang berada di Bolzano, Italia. Sementara untuk proses produksi dari sistem kubah senjata atau turret akan dilaksanakan di fasilitas produksi milik Leonardo Defence Systems yang berada di La Spezia, Italia.

BACA JUGA :  Kim Jong-un Puji Kesuksesan Ujicoba Mesin Roket Satelit Korut

Total pesanan yang diajukan untuk disetujui anggarannya oleh pemerintah Italia yakni sebanyak 148 unit dengan dua kali periode yang masing – masing terdiri dari produksi sebanyak 74 unit kendaraan tempur anti tank Centauro II. Sebanyak empat unit kendaraan tempur anti tank Centauro II hasil produksi tahap pertama akan mulai digunakan pada tahun 2020. Kemudian, pada tahun 2021 nanti diharapkan akan diproduksi dan dikirimkan ke Angkatan Bersenjata Italia sebanyak enam unit kendaraan tempur anti tank dengan penggerak roda 8×8 tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here