Tuesday, November 24, 2020
Home Berita Militer Berita Militer Dunia Australia Terima Dua Unit Jet Tempur F35A Pertama Untuk RAAF

Australia Terima Dua Unit Jet Tempur F35A Pertama Untuk RAAF

Australia Terima Dua Unit Jet Tempur F35A Pertama Untuk RAAF – HobbyMiliter.com – Pada tangal 10 Desember 2018, hari Senin yang lalu, Angkatan Udara Australia atau Royal Australian Air Force (RAAF) mencatatkan sejarah baru. Untuk pertama kalinya Australia menerima dua unit jet tempur F35A yang merupakan jet tempur generasi ke-5.

Dua unit jet tempur “state-of-the-art” tersebut mendarat di pangkalan udara Williamtown RAAF Base, yang berada di dekat wilayah Newcastle. Rencananya, Australia memesan sebanyak 72 unit jet tempur siluman F35A tersebut. Kedatangan dua unit jet tempur ini merupakan gelombang pertama dari pengiriman pesanan atas unit – unit jet tempur tersebut.

BACA JUGA :  Resmi Diambilalih Paksa Erdogan, Koran Zaman Turki Pindah Ke Jerman

Kedatangan dua unit jet tempur dengan kemampuan siluman (stealth) tersebut disambut oleh Menteri Pertahanan Australia, Christopher Pyne. Tidak hanya Menteri Pertahanan Australia, sejumlah wartawan, perwakilan industri pertahanan strategis Australia, serta tidak ketinggalan para pegiat penerbangan (aviation enthusiasts) juga turut hadir dan menyaksikan kedatangan dua unit pesawat jet tempur generasi ke-5 tersebut.

Sebuah formasi gabungan antara pesawat jet tempur F/A-18 Hornet juga mengawal penerbangan kedua unit jet tempur F35A ini. Formasi gabungan ini juga merupakan bentuk “serah terima jabatan” dari jet tempur F/A-18 Hornet kepada jet tempur F35A yang nantinya memang akan menggantikan peranan dari unit – unit jet tempur F/A-18 Hornet milik Royal Australian Air Force (RAAF) tersebut.

BACA JUGA :  Sukhoi Su-35S Terbaru Milik Rusia Siap Bertempur Di Suriah

Dengan kecepatan maksimal hingga 1.975 kilometer per jam, jet tempur ini diklaim sebagai salah satu jet tempur paling canggih di dunia. Hadirnya jet tempur generasi ke-5 F35A Joint Strike Fighter di daratan Australia membuat negeri Kanguru ini menjadi negara pertama di belahan bumi Selatan yang mengoperasikan pesawat jet tempur dengan kemampuan siluman atau stealth.

Meski demikian, Australia harus tetap membayar harga mahal untuk proyek pengadaan pesawat ini. Selain biaya pengadaan yang mahal -meski harga pesawat akan jauh lebih murah pada tahun – tahun mendatang- dan biaya operasional yang juga mahal, publik Australia rupanya juga menyoroti kemungkinan rapuhnya lapisan material penyerap gelombang radar atau Radar Absorbing Material (RAM) pada jet tempur F35A ini.

BACA JUGA :  Kunjungan Panglima Angkatan Bersenjata Pakistan ke PT. PINDAD (Persero)

Dengan ganasnya iklim cuaca di Australia, ditambah dengan rapuhnya lapisan Radar Absorbing Material (RAM) yang dimiliki F35A, bukan tidak mungkin bahwa material utama yang mendukung kemampuan siluman dari pesawat tersebut harus diganti setiap kali selesai melaksanakan penerbangan. Ini dilakukan untuk menjaga performa kemampuan siluman dari pesawat tersebut.

Jet tempur siluman generasi ke-5 ini juga sekaligus menjadi pesawat tempur paling mematikan yang dimiliki oleh Royal Australian Air Force (RAAF).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

SMX-31, kapal selam masa depan Prancis

SMX-31, kapal selam masa depan Prancis- Hobbymiliter.com. SMX-31 adalah suatu konsep kapal selam masa depan dari negeri Baguette. Konsep ini adalah unik karena memperkenalkan...

STRIL, Sistem koordinasi & datalink AU Swedia

Sejarah STRIL, Sistem Koordinasi & datalink AU Swedia- Hobbymiliter.com.  Bahwa Swedia terkenal sebagai salah satu negara di semenanjung Skandinavia yang bersifat independen atau dalam...

Bagaimana drone menaklukkan pertahanan udara ?

Bagaimana drone menaklukkan pertahanan udara ?- Hobbymiliter.com. Bidang Pertahanan udara dewasa ini memiliki sebuah pertanyaan,  utamanya setelah perang Suriah, Libya, serangan drone AS di...

Barbel Class, kapal selam diesel terakhir AS

Barbel Class, kapal selam diesel terakhir AS- hobbymiliter.com. Bahwa dewasa ini kita mengenal Angkatan laut AS utamanya dari armada kapal selam nuklirnya. Nama-nama seperti...

Recent Comments

black donkey{(revolution mindset)}>???? on MARINIR INDONESIA – AMERIKA BERBAGI ILMU DI SITUBONDO
Thomson Sirait on Kehidupan di KRI Makassar 590
Ananda Andriyo on Patroli di Tanah Papua
HobbyMiliter on Patroli di Tanah Papua