Friday, May 17, 2024
HomeAX308 Senapan Pendatang Baru di Jajaran Senjata Sniper TNI/Polri

AX308 Senapan Pendatang Baru di Jajaran Senjata Sniper TNI/Polri

HobbyMiliter.com – AX308 Senapan Pendatang Baru di Jajaran Senjata Sniper TNI/Polri. Accuracy Internasional adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam industry persenjataapian sejak tahun 1978. Perusahaan yang berasal dari Inggris telah membuat banyak tipe senjata api yang cukup dikenal utamanya pada kelas senjata sniper. Senjata sniper L115A1, L115A3, AS50, dan AX50 sudah tidak asing dalam medan pertempuran, bahkan senapan L115A3 kaliber .338 lapua magnum pernah mencetak rekor tembakan terjauh yang dilakukan oleh Craig Harrison. Di jajaran TNI Polri sendiri, senapan L115A1 telah dipakai sejak lama dan tersebar di berbagai satuan di masing masing instansi.

BACA JUGA :  Perancis Dan Inggris Danai Overhaul Rudal Jelajah Storm Shadow Dan SCALP

AX308 sebagai salah satu produk unggulan dari Accuracy International baru baru ini diketahui telah menjadi penghuni gudang senjata beberapa satuan di Indonesia. Kiprahnya pertama kali tersorot pada operasi Camar Maleo dan Operasi Tinombala ketika senjata sniper AX308 yang digunakan oleh salah satu personil penembak runduk dari Brimob. Selain Korps Brimob, diketahui juga AX308 digunakan oleh satuan Paskhas TNI AU, Kopassus TNI AD dan TonTaipur Kostrad AD.

Tidak mau kalah dengan pendahulunya yaitu senjata sniper AWM atau L115A1, AX308 sangatlah handal dalam akurasi. Walaupun mengadopsi peluru kaliber .308 winchester atau 7,62×51 mm, kemampuannya tidaklah kalah dengan .338 lapua magnum yang notabene mempunyai ukuran lebih besar. Dilansir dari situs Thetruthaboutguns.com yang telah mereview kemampuan senjata ini, dikatakan bahwa senapan tersebut mampu memaksimalkan kemampuan peluru .308 yang dimilikinya. Jarak tembak efektif senapan sniper AX308 bisa menjangkau 1500 meter-an.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

67-rusia-siap-laksanakan-gencatan-senjata-di-aleppo

Rusia Bersiap Adakan Gencatan Senjata Di Aleppo Demi Pengiriman Bantuan

0
Hobbymiliter.com - Rusia telah menyatakan kesediaannya untuk menghentikan sementara operasi militer mereka di Suriah demi memastikan kelancaran pengiriman bantuan kemanusiaan ke Aleppo. Moskow juga...

Recent Comments