Tuesday, March 19, 2024
HomeTiongkok Resmi Produksi Jet Tempur Siluman J-20 Secara Massal

Tiongkok Resmi Produksi Jet Tempur Siluman J-20 Secara Massal

Hobbymiliter.com – Badan dirgantara Tiongkok, Chengdu Aircraft Company (CAC) telah resmi menetapkan produksi awal dengan jumlah minim (Low Rate Initial Production) untuk membangun jet tempur siluman J-20. Dalam situs resminya, CAC menerbitkan tayangan video yang menampilkan keseluruhan badan pesawat dalam karya 3 dimensi.

Angkatan Udara Pasukan Pembebasan Rakyat (PLA) Republik Rakyat Tiongkok dikabarkan akan menerima total empat unit J-20 setelah produksi awal selesai. Dalam video tersebut, J-20 dipoles dengan warna abu-abu dan tempelan emblem nasional Tiongkok di ekor pesawat. Namun kali ini, jet tempur tersebut tidak diberi angka seri.

BACA JUGA :  Turki Akan Bangun Satelit Secara Mandiri

Pakar keamanan nasional meyakini bahwa kehadiran video tersebut mengindikasikan bahwa jet siluman J-20 akan segera digunakan secara resmi oleh Angkatan Udara PLA. Jadwalnya sendiri diperkirakan akan lebih cepat daripada estimasi Departemen Pertahanan AS yang sebelumnya memprediksi J-20 akan dipakai oleh Beijing mulai 2018 mendatang.

J-20 terbang dengan kecepatan 2100 km/jam dan mengusung rancangan siluman yang dapat disandingkan dengan jet tempur F-35 Lighting II buatan Lockheed Martin. Persenjataan J-20 diletakkan secara internal di dalam sebuah ruangan terpusat yang diyakini mengusung empat unit rudal udara-lawan-udara berjarak diluar penglihatan (Beyond Visual Range Air-to-Air Missiles / BVRAAM), serta dua unit rudal udara-lawan-udara jarak dekat (AAM).

Eileen Aurora
Eileen Aurora
Punya passion yang tinggi di penulisan artikel militer. Berusaha memberikan artikel artikel yang update di situs www.hobbymiliter.comSimak sajian berita militer hari ini dari kami setiap harinya.

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Cara Kerja Radar Udara Militer

Begini Lho Cara Kerja Radar, Mata dan Telinga Angkatan Udara

3
Begini Lho Cara Kerja Radar, Mata dan Telinga Angkatan Udara - HobbyMiliter.com. Radar, merupakan singkatan dari Radio Detection and Ranging. Alat ini vital bagi...

Recent Comments