Emak Emak Berbahaya: Sebagian Besar Industri Pertahanan Utama di Amerika Kini Dipimpin Wanita
Emak Emak Berbahaya: Sebagian Besar Industri Pertahanan Utama di Amerika Kini Dipimpin Wanita

Emak Emak Berbahaya: Sebagian Besar Industri Pertahanan Utama di Amerika Kini Dipimpin Wanita – HobbyMiliter.com. Siapa bilang perang dan alutsista cuma bisnis kaum adam saja? Saat ini, tidak hanya di parlemen Amerika saja (senat dan kongres) yang menampilkan wajah waja baru anggota legislatif wanita. Di bisnis industri pertahanan di Amerika, beberapa wanita menapaki puncak karir mereka dan menjadi pimpinan industri pertahanan tersebut. Suatu bisnis senjata yang biasanya didominasi kaum pria.

Saat ini, CEO atau direktur utama dari ke empat industri pertahanan terbesar Amerika (dan mungkin juga dunia): Northrop Grumman, Lockheed Martin, General Dynamics, dan Boeing di jabat oleh wanita. Terutama sejak pengangkatan Kathy Warden sebagai CEO dan president Northrop Grumman. Tiga CEO wanita lainnya adalah Marillyn Hewson, CEO dari Lockheed Martin; Phebe Novakovic, CEO dari General Dynamics; dan Leanne Caret, CEO dari Boeing Defense, Space, and Security. Tinggal Raytheon yang masih dipimpin oleh pria.

Baca juga :   Kekuatan Udara USMC, Sayap Marinir Amerika Serikat

Situasi yang sama juga terjadi di Pentagon, yang merupakan konsumen utama industri pertahanan Amerika. Beberapa jabatan kunci di Pentagon kini dipegang oleh wanita. Diantaranya adalah Under Secretary for Arms Control and International Security yang bertanggung jawab atas penjualan senjata Amerika ke negara sahabat, Under Secretary for Nuclear Security and NNSA Administrator yang bertanggung jawab atas senjata nuklir Amerika, dan Secretary of Air Force yang bertanggung jawab atas Angkatan Udara Amerika Serikat.

Baca juga :   Lockheed Martin Siapkan Radar L Band Terbarunya Untuk Di Produksi

Peperangan dan jual beli senjata sudah sejak lama merupakan domain para pria. Walaupun begitu, dengan suasana keterbukaan dan penerimaan terhadap gender perempuan yang semakin melebar, akan makin banyak wanita yang berkecimpung di bidang ini.

Walaupun begitu, siapapun pemimpinnya, industri pertahanan Amerika tetaplah merupakan yang terbesar di dunia. Amerika masih harus me-maintain kehadirannya di sekitar 177 negara di seluruh dunia. Dan untuk hal itu, Departemen Pertahanan Amerika Serikat diberikan budget belanja tahunan sekitar 700 Milyar Dollar. Perang sendiri adalah bisnis yang besar bagi industri pertahanan Amerika.  Lockheed Martin, Boeing Defense, Northrop Grumman dan General Dynamics secara bersama sama telah mengumpulkan keuntungan sebesar $56 Milyar hanya di kuartal ketiga tahun 2018 saja.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here