Friday, April 19, 2024
HomeMiliterTeknologi MiliterApa Yang Dimaksud Dengan Thrust Vectoring?

Apa Yang Dimaksud Dengan Thrust Vectoring?

Kemampuan thrust vectoring dengan cara membelokkan lubang semburan mesin pesawat memungkinkan pesawat melakukan berbagai manuver yang tidak mungkin dilakukan den-
gan mesin pesawat konvensional.

Pesawat konvensional hanya bisa menggunakan bilah kemudi aerodinamis biasa seperti elevator dan aileron untuk membelok dan berguling (roll). Namun bagi pesawat dengan kemampuan vectoring meskipun masih menggunakan peralatan kemudi yang sama namun bisa melakukannya dengan jauh lebih cepat dan dengan sudut lebih ekstrem, bisa membelok atau menanjak dengan sudut yang tidak mungkin dilakukan menggunakan kemudi konvensional.

BACA JUGA :  Indo Defence 2016 : Rheinmetall Tampilkan Marder Medium Tank RI

Pesawat yang menggunakan metode thrust vectoring saat ini kebanyakan menggunakan mesin turbofan dengan lubang pancaran (nozzle atau vane) bisa membelokkan arah gas dorong. Bahkan ada yang bisa membelokkan pancaran gas dorong hingga 90 derajat. Sehingga bisa digunakan untuk tinggal landas atau mengambang dengan daya dorong vertikalnya. Untuk menghasilkan daya angkat sebesar mampu mengangkat pesawat dibutuhkan mesin yang cukup besar yang tentunya mempunyai bobot cukup berat.

Thrust Vectoring pada Harrier
Exhaust TVC pada Harrier

Pesawat dengan thrust vectoring yang cukup terkenal adalah pesawat Hawker Siddeley Harrier, yang menggunakan mesin Rolls-Royce Pegasus, dan juga kembarannya pesawat AV-8B Harrier II milik Korps Marinir AS. Selain itu pesawat tempur generasi ke lima dengan kemampuan jelajah supersonik dan berteknologi siluman seperti Lockheed Martin F-22A Raptor dan F-35.

BACA JUGA :  Gripen E Sukses Gunakan Network Centric Warfare
Mesin utama Yakolev Yak-141 menggunakan teknologi Thrust Vectoring
Mesin utama Yakolev Yak-141 menggunakan teknologi TVC untuk konfigurasi VTOL nya.
Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Misteri Tenggelamnya Kursk, Kecelakaan Kapal Selam Terparah Rusia Tewaskan 118 Kru

0
 Misteri Tenggelamnya Kursk, Kecelakaan Kapal Selam Terparah Rusia Tewaskan 118 Kru - hobbymiliter.com - Insiden tenggelamnya Kursk menjadi kecelakaan kapal selam terparah di Rusia, yang...

Recent Comments