Thursday, February 22, 2024
HomeAlutsistaPesawat TempurShenyang J-11, Copy Tidak Resmi Su-27SK Flanker dari China

Shenyang J-11, Copy Tidak Resmi Su-27SK Flanker dari China

Shenyang J-11, Copy Tidak Resmi Su-27SK Flanker dari China – HobbyMiliter.com. Shenyang J-11 lahir pada tahun 1998, ketika China memperoleh lisensi perakitan 200 Su-27SK dari Russia. Dalam perjanjian produksi bersama bernilai sekitar 2,5 Milyar Dollar tersebut, disebutkan bahwa China akan merakit Su-27SK dari kit siap rakit yang diproduksi oleh Rusia dan kemudian dikirimkan ke China. Pesawat tersebut dilengkapi dengan avionik, radar dan mesin buatan Rusia. Pesawat tersebut tetap disebut sebagai Sukhoi Su-27SK.

Foto foto Shenyang J-11, Copy Su-27SK Flanker dari China
Foto foto Shenyang J-11, Copy Su-27SK Flanker dari China

Su-27SK adalah Su-27 Flanker bertempat duduk tunggal dan memiliki tugas sebagai interceptor/air superiority fighter. Pesawat ini masih menggunakan kokpit flanker model lama dimana masih banyak dial analog yang digunakan sebagai bagian dari instrumennya. Walaupun bentuknya merupakan pesawat generasi ke empat, namun kokpitnya masih seperti pesawat generasi sebelumnya, penuh gauge dan dial serupa pesawat tempur jaman dinosaurus masih ada.

BACA JUGA :  Pertahanan Udara LY-80 Andalan Pakistan dan Cina
Foto foto J-11, Copy Su-27SK Flanker dari China
Foto foto Shenyang J-11, Copy Su-27SK Flanker dari China

Namun, setelah produksi rakitan ke 100 unit, China dilaporkan menghentikan produksi di tahun 2004. Padahal, di Rusia, kit siap rakit tetap diproduksi dan siap dikirimkan ke China. Namun akhirnya kit kit siap rakit tersebut tidak dapat dikirimkan ke China karena China menangguhkan pembelian kit kit rakitan lanjutan. Kit kit rakitan tersebut menjadi barang ready stock koleksi pabrik, dan pabrik pun mengalami kerugian signifikan.

Foto foto J-11, Copy Su-27SK Flanker dari China
Foto foto Shenyang J-11, Copy Su-27SK Flanker dari China
Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

50-arab-saudi-kebangkitan-tiongkok-adalah-sumber-stabilitas-dunia

Arab Saudi: Kebangkitan Tiongkok Adalah Sumber Kestabilan Dunia

0
Hobbymiliter.com - Kebangkitan Tiongkok akan menjadi sumber stabilitas global dan bukannya konflik. Demikian disampaikan oleh Arab Saudi dalam Forum Ekonomi Dunia yang digelar di...

Recent Comments