Belajar Istilah Teknologi Militer: Apa Yang Dimaksud Dengan Thrust Vectoring?
Belajar Istilah Teknologi Militer: Apa Yang Dimaksud Dengan Thrust Vectoring?

Belajar Istilah Teknologi Militer: Apa Yang Dimaksud Dengan Thrust Vectoring? – HobbyMiliter.com. Thrust vectoring atau disebut juga Thrust Vector Control adalah suatu kemampuan dari pesawat terbang, roket atau wahana lain untuk memanipulasi arah dari daya dorong (thrust) yang dihasilkan mesin atau motor penggeraknya. Hal ini dilakukan dengan maksud untuk mengendalikan arah atau kecepatan angular pesawat atau wahana tersebut.

Thrust Vectoring pada Chengdu J-10C
Thrust Vectoring pada Chengdu J-10C

Khusus untuk roket yang meluncur di luar atmosfer atau ruang udara dimana bilah kemudi aerodinamik tidak berfungsi, maka satu-satunya alat pengendali arah penerbangan adalah thrust vectoring.

Baca juga :   Teknologi Anti Rudal Untuk Pesawat Sipil
Thrust Vectoring pada Rockwell X-31
Thrust Vectoring pada Rockwell X-31

Metode penggunaan thrust vectoring pada pesawat terbang ini bermula dari kemampuan mesin pesawat menghasilkan daya dorong vertikal seperti yang dipasang pada pesawat yang mampu terbang vertikal (VTOL) dan jarak pendek (STOL). Ternyata penggunaan metode yang semula hanya untuk membantu agar bisa vertikal atau berjarak pendek saat take off dan landing ini bisa dimanfaat dalam manuver pada situasi pertempuran udara.

Thrust Vectoring pada F-22 Raptor
Thrust Vectoring pada F-22 Raptor

Kemampuan thrust vectoring dengan cara membelokkan lubang semburan mesin pesawat memungkinkan pesawat melakukan berbagai manuver yang tidak mungkin dilakukan den-
gan mesin pesawat konvensional.

Baca juga :   Sukhoi Su-30MKI, Pimp My Flanker Ala India

Pesawat konvensional hanya bisa menggunakan bilah kemudi aerodinamis biasa seperti elevator dan aileron untuk membelok dan berguling (roll). Namun bagi pesawat dengan kemampuan vectoring meskipun masih menggunakan peralatan kemudi yang sama namun bisa melakukannya dengan jauh lebih cepat dan dengan sudut lebih ekstrem, bisa membelok atau menanjak dengan sudut yang tidak mungkin dilakukan menggunakan kemudi konvensional. (Klik dibawah untuk ke halaman berikutnya).

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here