Tuesday, March 19, 2024
HomeMiliterTeknologi MiliterApa Yang Dimaksud Dengan Thrust Vectoring?

Apa Yang Dimaksud Dengan Thrust Vectoring?

Apa Yang Dimaksud Dengan Thrust Vectoring? – HobbyMiliter.com. Thrust vectoring atau disebut juga Thrust Vector Control (TVC) adalah suatu kemampuan dari pesawat terbang, roket atau wahana lain untuk memanipulasi arah dari daya dorong (thrust) yang dihasilkan mesin atau motor penggeraknya. Hal ini dilakukan dengan maksud untuk mengendalikan arah atau kecepatan angular pesawat atau wahana tersebut.

Thrust Vectoring pada Chengdu J-10C
Mesin ber- TVC pada Chengdu J-10C

Khusus untuk roket yang meluncur di luar atmosfer atau ruang udara dimana bilah kemudi aerodinamik tidak berfungsi, maka satu-satunya alat pengendali arah penerbangan adalah thrust vectoring.

BACA JUGA :  Kabupaten Rokan Hilir Siap Resmikan Kodim Baru
Thrust Vectoring pada Rockwell X-31
Sistem TVC pada Rockwell X-31

Metode penggunaan thrust vectoring pada pesawat terbang ini bermula dari kemampuan mesin pesawat menghasilkan daya dorong vertikal seperti yang dipasang pada pesawat yang mampu terbang vertikal (VTOL) dan jarak pendek (STOL). Ternyata penggunaan metode yang semula hanya untuk membantu agar bisa vertikal atau berjarak pendek saat take off dan landing ini bisa dimanfaat dalam manuver pada situasi pertempuran udara.

Thrust Vectoring pada F-22 Raptor
Exhaust pada F-22 Raptor
Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Ground Master 400

Radar TRS Ground Master 400 Radar Pertahanan 3D

0
Radar TRS Ground Master 400 Radar Pertahanan 3D - HobbyMiliter.com - Thales yang berpusat di Perancis dan memiliki 67.000 karyawan tersebar di 56 negara,...

Recent Comments