Friday, April 26, 2024
HomeMiliterTeknologi MiliterApa Yang Dimaksud Dengan Thrust Vectoring?

Apa Yang Dimaksud Dengan Thrust Vectoring?

Demikian pula Rusia tidak kalah dengan pesawat tempur multirole Sukhoi Su-30 MKI menggunakan thrust vectoring. Pesawat ini sangat lincah, mampu terbang pada kecepatan mendekati nol pada sudut serang sangat besar (angle of attack) tanpa pesawat stall (jatuh) serta sanggup melakukan aerobatik dinamis pada kecepatan rendah. Mesin Su-35 sebagai varian terakhir dari Flanker juga dilengkapi dengan teknologi thrust vectoring ini.

Thrust Vectoring pada Sukhoi Su-35
TVC pada Sukhoi Su-35

Keuntungan metode thrust vectoring adalah kemampuan tinggal landas secara vertikal pada beberapa pesawat atau pada jarak sangat pendek serta kemampuan manuver sangat lincah.

BACA JUGA :  Pesawat Tanpa Awak Blackjack Siap Digunakan Marinir AS

Dalam pertempuran udara, baik pertempuran jarak sedang ataupun duel udara jarak pendek dimana kecepatan mengarahkan senjata atau rudal menjadi pilihan antara hidup dan mati, maka keunggulan dari kelincahan mengubah arah pesawat menjadi penentu dalam kemenangan.

Untuk live to fight another day memang mengharuskan kita menggunakan pesawat dan senjata dengan kemampuan dan teknologi tinggi, seperti thrust vectoring.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

12-produksi-kapal-selam-kelas-yuan-tiongkok-kembali-dilanjutkan

Militer Tiongkok Lanjutkan Produksi Kapal Selam Kelas Yuan Terbarunya

0
Hobbymiliter.com - Gambar yang diposting di forum-forum online Tiongkok baru-baru ini menunjukkan adanya tiga unit kapal selam patroli kelas Yuan milik Militer Tiongkok terbaru...

Recent Comments