Monday, November 23, 2020
Home Alutsista Pesawat Tempur Mengenal MiG-21 Bison AU India, Korban Konflik India vs Pakistan

Mengenal MiG-21 Bison AU India, Korban Konflik India vs Pakistan

Mengenal MiG-21 Bison AU India, Korban Konflik India vs Pakistan –  HobbyMiliter.com. Pakistan mengklaim bahwa pesawat tempur JF-17 nya berhasil menembak jatuh MiG-21 Bison Angkatan Udara India dan kemudian menahan pilotnya.  Sebagian netizen kemudian pun membandingkan kedua pesawat tempur tersebut.

Mengenal MiG-21 Bison AU India, Korban Konflik India vs Pakistan
Mengenal MiG-21 Bison AU India, Korban Konflik India vs Pakistan

Banyak yang mengganggap tidak adil untuk mempertandingkan JF-17 yang dianggap sebagai pesawat tempur generasi ke 4 dengan MiG-21 yang merupakan pesawat tempur generasi ke 3. Tentu saja,  dengan realita di medan lapangan,  kita tidak bisa memillih siapa lawan kita.  Ini medan pertempuran,  bukan ring MMA.

MiG-21 Bison yang jatuh ditembak Pakistan adalah upaya India untuk memperpanjang usia hidup airframe pesawat tempur legendaris buatan Uni Soviet MiG-21 dengan mempercanggih isinya.

Sekitar 110 MiG-21 original milik Angkatan Udara India diupgrade menjadi MiG-21 Bison mulai dari tahun 2006. Upgrade yang dilakukan dalam proyek MiG-21 Bison ini antara lain meliputi penggantian radar, avionik dan sistem komunikasi yang lebih canggih dibanding perangkat original buatan Sovietnya yang sudah jadul sekali.

BACA JUGA :  Menhan Pakistan: Jika Perlu, Pakai Senjata Nuklir Untuk Melawan India!

MiG-21 Bison hasil upgrade didesain mampu membawa berbagai macam amunisi dan persenjataan sehingga bisa melakukan misi misi multirole. Mulai dari bom bodoh, hingga rudal udara ke udara canggih macam R-73 (jarak pendek) dan R-77.(jarak menengah).

Mengenal MiG-21 Bison AU India, Korban Konflik India vs Pakistan
Mengenal MiG-21 Bison AU India, Korban Konflik India vs Pakistan

Dengan avionik yang sudah dipercanggih, pilot MiG-21 Bison Angkatan Udara India pun diperlengkapi dengan Helmet Mounted Sight, seperti yang digunakan pesawat jet tempur modern seperti MiG-29 dan EF-2000 Typhoon.

Dengan modernisasi ini, MiG-21 original jadul yang dirubah ke standar MiG-21 Bison menjadi mempunyai kemampuan elektronik, persenjataan dan komunikasi yang setara dengan pesawat tempur modern macam F-16 dan MiG-29. MiG-21 Bison pun juga ditambahkan kemampuan pertempuran BVR (Beyond Visual Range) sehingga bisa menembak musuh dari jarak yang aman.

BACA JUGA :  Foto Foto Alutsista Buatan Rusia Yang Masih Jadi Andalan Negara NATO

Hanya saja, karena menggunakan airframe milik MiG-21 jadul, maka karakteristik terbangnya pun sama persis dengan MiG-21. Pesawat ini mampu terbang cepat hingga Mach 2, namun jika dibandingkan dengan F-16 dan MiG-29, tentu saja kedua pesawat generasi ke 4 yang lebih baru tersebut lebih lincah manuvernya. Istilah resminya, lebih maneuverable.

Sebelum diupgrade mulai tahun 2006, MiG-21 Angkatan Udara India sendiri terlibat dalam perang India Pakistan 1971 dan terlibat dalam krisis di Kargil 1999. Sebuah MiG-21 Angkatan Udara India yang dipiloti oleh Squadron Leader PK Bundela berhasil menembak jatuh pesawat patroli maritim (MPA, Maritime Patrol Aircraft) Breguet Atlantique milik Pakistan.

Di negara lain, MiG-21 digunakan secara efektif oleh Vietnam Utara dalam beberapa pertempuran melawan Amerika Serikat di tahun 60an dan 70an awal. Beberapa pilot MiG-21 Vietnam berhasil meraih status “Ace” setelah berhasil menembak jatuh beberapa pesawat milik Amerika Serikat dan Vietnam Selatan.

BACA JUGA :  Foto Kemerdekaan: Foto-Foto Perjuangan Perang Kemerdekaan 1945 - 1949

Mengenal MiG-21 Bison AU India, Korban Konflik India vs Pakistan
Mengenal MiG-21 Bison AU India, Korban Konflik India vs Pakistan

India sendiri membeli pesawat tempur MiG-21 dari Uni Soviet di tahun 1962 dan pesawat pertama mulai datang ke tanah air India di tahun 1963. Mulai tahun 1967, dengan semangat Transfer of Technology, BUMN pabrik pesawat India, Hindustan Aeronautics Ltd (HAL) melakukan perakitan MiG-21 di dalam negeri dengan membeli lisensi dari Uni Soviet.

Tahun 2013 yang lalu, merupakan peringatan ulang tahun ke 50 pengoperasian MiG-21 di lingkungan Angkatan Udara India. Angkatan Udara India mengoperasikan armada MiG-21nya lebih dari setengah abad.

Mengenal MiG-21 Bison AU India, Korban Konflik India vs Pakistan
Mengenal MiG-21 Bison AU India, Korban Konflik India vs Pakistan

Walaupun begitu, bagaimana pun canggihnya upgrade yang dilakukan pada MiG-21 Angkatan Udara India, airframe yang digunakan tetap saja merupakan airframe tua. Beberapa tahun belakangan ini, beberapa MiG-21 Bison India jatuh karena kerusakan teknis. Hal ini memaksa India untuk mulai mempensiunkan armada MiG-21nya dan menggantinya dengan Su-30MKI.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

SMX-31, kapal selam masa depan Prancis

SMX-31, kapal selam masa depan Prancis- Hobbymiliter.com. SMX-31 adalah suatu konsep kapal selam masa depan dari negeri Baguette. Konsep ini adalah unik karena memperkenalkan...

STRIL, Sistem koordinasi & datalink AU Swedia

Sejarah STRIL, Sistem Koordinasi & datalink AU Swedia- Hobbymiliter.com.  Bahwa Swedia terkenal sebagai salah satu negara di semenanjung Skandinavia yang bersifat independen atau dalam...

Bagaimana drone menaklukkan pertahanan udara ?

Bagaimana drone menaklukkan pertahanan udara ?- Hobbymiliter.com. Bidang Pertahanan udara dewasa ini memiliki sebuah pertanyaan,  utamanya setelah perang Suriah, Libya, serangan drone AS di...

Barbel Class, kapal selam diesel terakhir AS

Barbel Class, kapal selam diesel terakhir AS- hobbymiliter.com. Bahwa dewasa ini kita mengenal Angkatan laut AS utamanya dari armada kapal selam nuklirnya. Nama-nama seperti...

Recent Comments

black donkey{(revolution mindset)}>???? on MARINIR INDONESIA – AMERIKA BERBAGI ILMU DI SITUBONDO
Thomson Sirait on Kehidupan di KRI Makassar 590
Ananda Andriyo on Patroli di Tanah Papua
HobbyMiliter on Patroli di Tanah Papua