Tuesday, June 25, 2024
HomeMiliterAnalisis MiliterPentingnya Perencanaan Pembangunan Kekuatan Militer Berkesinambungan

Pentingnya Perencanaan Pembangunan Kekuatan Militer Berkesinambungan

Jadi, bagaimana dengan planning kita 30 tahun kedepan?

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

2 COMMENTS

  1. Sebuah master plan di bidang teknologi yang baik akan memasukan BCP (Business continuty plan), sehingga kontinyuitas akan terjaga. Begitupun dalam bidang pertahanan untuk TNI saat ini, wajib hukumnya ada master plan (seperti MEF), yang didalamnya juga terdapat tiga komponen postur, yakni kekuatan, gelar (persebaran penempatan), dan kemampuan. Modernisasi alutsista untuk memperkuat kesatuan itu juga diikuti dengan pengembangan kemampuan prajurit. Pengadaan senjata dilakukan dengan pendekatan lifecycle, yakni pendekatan hidup penuh, mulai dari desain hingga masa pakai alutsistanya yang sudah habis.
    Didalam MEF sudah juga memperhitungkan dukungan sdm, industri dan litbang dalam negri dalam mendukung master plan tersebut. Setelah tahun 2024, yaitu setelah 3 rencana strategis diselesaikan bukan lagi kekuatan minimum esensial tetapi sdh mulai masuk kekuatan militer utama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

ROKAF E-737 Peace Eye

Korea Selatan Akan Membeli Dua Unit Pesawat Peringatan Dini Peace Eye

0
HobbyMiliter.com - Korea Selatan akan kembali membeli 2 unit pesawat peringatan dini Boeing E-737 AEW&C untuk menambah kekuatan yang sebelumnya hanya 4 unit pesawat. Demikian...

Recent Comments