Wednesday, April 24, 2024
HomeAlutsistaRudalVarian Baru Pantsir Rusia Lebih Canggih, Indonesia Minat?

Varian Baru Pantsir Rusia Lebih Canggih, Indonesia Minat?

Sistem Pertahanan Udara Pantsir sendiri mulai bertugas di Angkatan Bersenjata Rusia di tahun 2012. Militer Suriah memiliki Pantsir tidak lama setelah Rusia, di akhir tahun 2012. Aksi Pantsir Suriah mulai dibicarakan orang setelah berhasil menembak jatuh satu pesawat tempur milik Angkatan Udara Turki, RF-4E Phantom. Battle proven berhasil diraih.

Selain itu, dalam setiap serangan rutin yang dilakukan Israel biasanya, Pantsir Suriah dapat menembak jatuh beberapa rudal Delilah, maupun bom pintar milik Israel, walau tentu saja, Israel biasanya tetap berhasil menghancurkan sasarannya dengan mensaturasi sistem pertahanan udara Suriah dengan begitu banyak rudal dan bom sehingga Pantsir kewalahan.

BACA JUGA :  Tuduh Rusia Langgar Traktat Senjata Rudal, AS Minta Bertemu Dengan Moskow

Rusia sudah mengeluarkan varian Pantsir terbaru. Pantsir varian terbaru yang lebih canggih ini dinamakan Pantsir SM. Sistem canggih ini sudah dibeli oleh militer Rusian dan Algeria.

Pantsir SM mempunyai beberapa teknologi baru yang membuat kemampuannya jauh meningkat dibanding dengan sistem Pantsir lawas. Teknologi baru ini misalnya mampu menambah jarak tembak dari 20Km menjadi dua kali lipatnya, 40Km. Dan radar barunya juga mampu mendeteksi pesawat tempur non stealth di jarak 75 Km.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

65 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

J29 Tunnan bermanuver aerobatik.

Mengenal SAAB J-29 Tunnan, Pesawat Tempur Swedia

0
Mengenal SAAB J-29 Tunnan, Pesawat Tempur Swedia - HobbyMiliter.com - Dilihat dari wujudnya, SAAB J-29 Tunnan punya kemiripan bentuk dengan jet tempur legendaris, North...

Recent Comments