Pesawat Tanker A330 MRTT Untuk AU Korea Selatan Jalani Test Penerimaan
Pesawat Tanker A330 MRTT Untuk AU Korea Selatan Jalani Test Penerimaan. A330 MRTT Pertama Untuk AU Korsel Saat Lepas Landas Meninggalkan Fasilitas Produksi Airbus di Getafe, Spanyol, Menuju Korea Selatan.Sumber : jane's

HobbyMiliter.com – Pesawat Tanker A330 MRTT Untuk AU Korea Selatan Jalani Test Penerimaan. Unit pertama dari empat unit pesawat tanker multi peran Airbus A330 Multi Role Tanker Transport atau disingkat MRTT dikabarkan telah mendarat di Korea Selatan untuk menjalani serangkaian uji coba penerimaan oleh tim penguji dari pihak Angkatan Udara Korea Selatan selaku pengguna pesawat ini. Pesawat tersebut dikabarkan mendarat kemarin (12 Novermber 2018,red). Pesawat tersebut dikabarkan mendarat di Pangkalan Udara Gimhae, yang terletak di wilayah Busan, Korea Selatan, untuk menjalani uji penerimaan atau acceptance test.

Pihak Airbus selaku produsen menyebut bahwa kemarin (12 Novermber 2018,red), pesawat tersebut telah tiba mendarat di Korea Selatan setelah menjalani penerbangan ferry flight dari fasilitas Final Assembly Line milik Airbus di kota Getafe, Spanyol. Penerbangan tersebut ditempuh dengan pemberhentian sejenak di kota Vancouver, Kanada. Pesawat tersebut diawaki oleh pilot dari pihak Airbus dan pihak AU Korea Selatan atau ROKAF. Setibanya di pangkalan udara Gimhae, Busan, Angkatan Udara Korea Selatan akan melakukan serangkaian uji penerimaan atau acceptance test terhadap platform pesawat angkut dan tanker multi peran tersebut.

Baca juga :   Rusia: Turki Langgar Aturan Pakta Penerbangan Internasional

Serangkaian uji coba penerimaan mulai dari Ground Test dan uji terbang akan dilaksanakan oleh pesawat tersebut di wilayah pangkalan udara Gimhae, yang berlokasi di Busan, Korea Selatan. Acceptance Test akan dilaksanakan dengan pendampingan tim dari Airbus yang ditempatkan di pangkalan udara tersebut. Meski demikian, pihak Airbus tidak merinci secara pasti berapa lama masa uji penerimaan pesawat tersebut akan dilaksanakan. Pihak Airbus juga menyebutkan bahwa tim mereka yang ditempatkan untuk mendampingi tim penguji dari AU Korea Selatan akan mendampingi sampai pesawat tersebut secara resmi diserahkan kepada AU Korea Selatan selaku pengguna pesawat tersebut nantinya.

Baca juga :   Intip TNI Berlatih Sniper

Airbus A330 MRTT dipilih oleh AU Korea Selatan mengalahkan Boeing yang menawarkan KC-46 Pegassus dan Israel Aerospace Industries (IAI) yang menawarkan Boeing B767-300 Multi Mission Tanker Transport atau MMTT. Airbus berhasil memenangkan proses tender pengadaan unit pesawat tanker bagi AU Korea Selatan tersebut, dan mendapatkan kontrak senilai 1,4 Triliun Won Korea Selatan atau senilai 1,2 Miliar Dollar AS. Dari nilai kontrak tersebut, Airbus berkewajiban untuk memproduksi sebanyak empat unit pesawat A330 MRTT bagi AU Korea Selatan atau Republic of Korea Air Force (ROKAF).

Baca juga :   China – Jerman Laksanakan Latihan Bersama Combined Aid-2016

Hadirnya armada tanker udara Airbus A330 MRTT dalam jajaran AU Korea Selatan memberikan kapabilitas bagi pesawat – pesawat jet tempur yang dimiliki Korea Selatan untuk menambah jarak jangkau sehingga dapat melakukan misi – misi serangan Deep Strike jauh ke dalam wilayah Korea Utara. Selain untuk menghadapi ancaman dari Korea Utara, hadirnya Airbus A330 MRTT juga memampukan jet tempur milik AU Korea Selatan untuk menambah waktu terbang ketika berpatroli di wilayah semenanjung Korea. Selain berfungsi sebagai tanker, Airbus A330 MRTT juga dapat berfungsi sebagai pesawat angkut VVIP bagi AU Korea Selatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here