Thursday, December 1, 2022
HomeBlog MiliterSejarahFoto Foto Dokumentasi Sejarah Terkait Pemberontakan PERMESTA

Foto Foto Dokumentasi Sejarah Terkait Pemberontakan PERMESTA

prajurit KKO memasuki lapangan terbang Langowan (penumpasan Permesta)Pasukan KKo memasuki lapangan udara Langowan (Kalawiran?). Tampak papan bertuliskan Komando Angkatan Udara Revolusioner. Jika benar lapangan udara langowan=lapangan udara kalawiran, maka saat ini lapangan udara ini berlokasi di pos TNI AU Kalawiran. AUREV menggunakan lapangan udara Mapanget, Lapangan udara Langowan dan Lapangan udara Tasuka sebagai basis operasinya.

Ventje Sumual, 3 Maret 1958

Foto Ventje Sumual, 3 Maret 1958. Ventje Sumual merupakan salah satu anak buah pak Harto dalam Serangan Umum 1 Maret di Yogyakarta. Ventje Sumual, waktu itu berpangkat Mayor, memimpin serangan dari sektor Barat kota Yogyakarta. Pada saat pemberontakan Permesta meletus, Letnan Kolonel Ventje Sumual adalah Panglima Tentara & Teritorium VII (Wirabuana). Beliaulah yang mendeklarasikan Proklamasi Permesta pada tanggal 2 Maret 1957 di Makassar. Setelah itu seluruh pemerintahan di daerah diambil oleh militer. Selain itu mereka juga membekukan segala aktivitas Partai Komunis Indonesia, serta menangkap kader-kader PKI. 

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

F-16 Fighting Falcon - www.hobbymiliter.com

Inilah Asal Mula Julukan Fighting Falcon Bagi F-16

0
HobbyMiliter.com - Julukan Fighting Falcon diperoleh General Dinamics melalui sayembara yang diadakan tahun 1976. Adalah Sersan Joseph A. Kurdeil, supervisor di photo sensor shop...

Recent Comments