Tuesday, March 19, 2024
Home15 Situs Bukti Sejarah Peninggalan Kerajaan Islam Di Indonesia

15 Situs Bukti Sejarah Peninggalan Kerajaan Islam Di Indonesia

15 Situs Bukti Sejarah Peninggalan Kerajaan Islam Di Indonesia – HobbyMiliter.comSejarah peninggalan kerajaan Islam di Indonesia membuktikan bahwa dulu Indonesia sempat dikuasai Kerajaan Islam yang sangat berpengaruh terhadap penyebaran ajaran Islam, selain tentunya peran Wali Songo salah satu pendakwah agama Islam yang juga sangat berpengaruh terhadap penyebaran agama Islam di Nusantara.

Sejarah Peninggalan Kerajaan Islam Di Indonesia

Tentunya sejarah peninggalan kerajaan Islam di Indonesia banyak yang dijadikan destinasi wisata religi oleh kebanyakan penganut Islam terutama di Indonesia. Peninggalan tersebut tersebar di sekitar wilayah Nusantara.

Masjid Raya Baiturrahman

Masjid yang berlokasi di kota Banda Aceh ini merupakan sejarah peninggalan kerajaan Islam di Indonesia serta menjadi ikon Aceh. masjid Raya Baiturrahman didirikan Sultan Iskandar Muda Mahkota Alam yang merupakan Sultan dari Kesultanan Aceh pada abad 1612 Masehi atau tepatnya 1022 H.

BACA JUGA :  Kepala Komando Timteng AS: Kami Tetap Dukung Kurdistan Meski Dibenci Turki
Masjid Raya Baiturrahman
Masjid Raya Baiturrahman

Struktur bangunan indah dan megah ini menyerupai Taj Mahal yang ada di India. Masjid ini merupakan titik pusat kegiatan di Aceh Darussalam.

Pada 10 April 1873 atau Bulan Shafar 1290 Hijriah, Belanda menyerang Kesultanan Aceh dan membakar Masjid Raya Baiturrahman ini. Akan tetapi Belanda mendirikan masjid ini kembali di tahun 1877 dengan tujuan buat menarik simpati rakyat Aceh dan meredam kemarahan mereka. Kesultanan Aceh di masa tersebut berada di bawah pimpinan Sultan Muhammad Daud Syah Johan Berdaulat yang juga merupakan Sultan Aceh terakhir.

Masjid Agung Demak

Sejarah peninggalan Kerajaan Islam di Indonesia tertua adalah Masjid Agung Demak yang merupakan peninggalan Kerajaan Demak, kerajaan Islam terbesar di Pulau Jawa..

Masjid Agung Demak
Masjid Agung Demak

Masjid ini didirikan Raden Patah yang merupakan raja pertama di Kesultanan Demak di tahun ke-15 Masehi dan berlokasi di Kampung Kauman, Kelurahan Bintoro, Kecamatan Demak, Kabupaten Demak, Provinsi Jawa Tengah. Menurut sejarah peninggalan Kerajaan Islam di Indonesia, masjid ini merupakan tempat berkumpulnya Wali Songo dalam penyebaran ajaran Islam di Pulau Jawa.

BACA JUGA :  Sejarah Ibu kota Brunei Darussalam, Bandar Seri Begawan

Masjid Sunan Ampel

Sejarah peninggalan Kerajaan Islam di Indonesia lainnya adalah Masjid Sunan Ampel yang terletak di Surabaya. Masjid ini dibangun salah satu Wali, yaitu Sunan Ampel di masa kekuasaan Kerajaan Majapahit pimpinan Raja Brawijaya pada tahun 1421.

Masjid Sunan Ampel
Masjid Sunan Ampel

Berlokasi di Kelurahan Ampel, Kecamatan Semampir, Surabaya, Provinsi Jawa Timur, luas masjid ini adalah 120 x 80 meter persegi. Sekeliling masjid ini terdapat bangunan dengan arsitektur Arab dan Tiongkok. Salah satu spot yang menarik banyak wisatawan adalah sumur di halaman yang dipercaya sebagai sumur bertuah yang biasa dipakai buat penguat sumpah atau janji. Selain itu ada juga kompleks pemakaman Sunan Ampel di dekatnya.

BACA JUGA :  Sejarah Kerajaan Sriwijaya, Kerajaan Maritim Terbesar Di Indonesia

Masjid Agung Surakarta

Masjid lainnya yang menjadi sejarah peninggalan kerajaan Islam di Indonesia adalah Masjid Agung Surakarta yang terletak di sisi barat Alun-alun Utara Keraton Surakarta, Solo. Masjid ini merupakan peninggalan Kerajaan Mataram yang dibangun Paku Buwono III di tahun 1763 dengan gaya bangunan Jawa Kuno dan Belanda serta didominasi kayu dan stempel prasasti Jawa Kuno.

Masjid Agung Surakarta
Masjid Agung Surakarta

Masjid ini dibangun kembali di masa kekuasaan Paku Buwono IV dengan tambahan kolam-kolam air buat tempat wudhu serta jam matahari buat menentukan waktu sholat.

Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat

Salah satu destinasi yang paling diminati para wisatawan di Yogyakarta adalah Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat atau lebih dikenal dengan Keraton Yogyakarta.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

VARAN-30 Scale Model

Ukraina Kembangkan IFV VARAN-30

0
HobbyMiliter.com - Perusahaan TECHIMPEX Ltd asal Ukraina sedang mengembangkan sebuah kendaraan tempur Infantry Fighting Vehicle atau IFV roda ban yang diberi nama VARAN-30. Kendaraan ini...

Recent Comments