Thursday, December 1, 2022
HomeBlog MiliterSejarahFoto Foto Dokumentasi Sejarah Terkait Pemberontakan PERMESTA

Foto Foto Dokumentasi Sejarah Terkait Pemberontakan PERMESTA

British Tanker San Flaviano yang ditenggelamkan oleh bomber permesta

Foto bangkai kapal tangker milik inggris yang ditenggelamkan oleh bomber Permesta. Saat itu, di Balikpapan terdapat kilang minyak milik Shell/BPM. Shell/BPM mendapatkan konsesi dari pemerintah untuk mengolah minyak di Balikpapan dan menjualnya. Pada tanggal 28 April 1958, Pesawat A-26 AUREV Permesta yang diterbangkan oleh William Beale menyerang pelabuhan Balikpapan dan menenggelamkan kapal tanker MV San Flaviano dan kapal perang TNI AL Korvet RI Hang Tuah. Penenggelaman MV San Flaviano mengakibatkan pemerintah Inggris mengirimkan protes ke pemerintah Amerika Serikat dan pada akhirnya petinggi pemerintahan Amerika menekan CIA agar tidak lagi mentargetkan target target non militer dalam aksi liarnya.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

37-turki-ingin-kembangkan-rudal-ofensif

Turki Ingin Kembangkan Rudal Ofensif, Tak Menutup Bantuan Tiongkok

0
Hobbymiliter.com - Turki tampaknya tidak lagi memandang efektif kuantitas tentara konvensional dan ingin memperbanyak alutsista berbasis teknologi mutakhir untuk menjaga pertahanan negaranya. Namun, banyak...

Recent Comments