Thursday, April 18, 2024
HomeMiliterKisah MiliterTahun 2009, Indonesia Nyaris Dapat Satu Skadron Mirage 2000 Gratis Untuk TNI...

Tahun 2009, Indonesia Nyaris Dapat Satu Skadron Mirage 2000 Gratis Untuk TNI AU

Selain itu, untuk mendirikan pusat perawatan airframe dan pusat perawatan mesin pesawat tempur ini juga dibutuhkan biaya pembelian tools dan dan belanja modal berupa sparepart. Maklum saja, kita belum pernah mengoperasikan pesawat tempur buatan Perancis. Tentu saja teknologinya berbeda dengan mesin buatan Amerika, Inggris ataupun Rusia.

Tahun 2009, Indonesia Nyaris Dapat Satu Skadron Mirage 2000 Gratis Untuk TNI AU

Belum lagi anggaran yang harus disiapkan untuk pembangunan infrastruktur pembentukan skadron Mirage 2000 TNI AU yang baru. Infrastruktur tersebut dapat berupa pembangunan hangar, shelter, apron, gudang senjata, engine test cell, asrama prajurit, dan sebagainya.

BACA JUGA :  Gebrakan Revitalisasi Alutsista TNI Tahun 2016

Tahun 2009, Indonesia Nyaris Dapat Satu Skadron Mirage 2000 Gratis Untuk TNI AU

Terakhir harus adanya anggaran biaya untuk pelatihan awal dan sertifikasi para pilot dan teknisi agar bisa menghandle Mirage 2000 TNI AU tersebut. Tampaknya biaya biaya yang otomatis timbul ini yang akhirnya menjadikan Kementerian Pertahanan Indonesia mundur teratur dari tawaran ini. Agar jangan sampai nasibnya seperti hibah SIAI/Marchetti SF260 yang juga pada akhirnya pensiun karena konon tidak mendapatkan jatah anggaran dana perawatan.

Tahun 2009, Indonesia Nyaris Dapat Satu Skadron Mirage 2000 Gratis Untuk TNI AU

Dassault Mirage 2000 sendiri merupakan pesawat tempur multirole dari Perancis. Pesawat cantik ini dikembangkan di era 70-an oleh Dassault Aviation untuk menggantikan Mirage III  series andalan Tanguy et Laverdure. Saat ini, populasinya di dunia mencapai 600an pesawat tempur yang beroperasi di 9 negara.

BACA JUGA :  Video Korea Selatan Launching Kapal Selam Tipe 209/1400 Pesanan Indonesia
Adv Kaos Dassault Mirage by ciptaloka.com
Adv Kaos Dassault Mirage by ciptaloka.com

Pesawat tempur buatan Perancis ini mempunyai panjang 14,36 meter, rentang sayap 9,13 meter, dan tinggi 5,2 meter. Mirage 2000 ini dibekali dengan mesin buatan dalam negeri Perancis SNECMA M53-P2 afterburning turbofan engine. Mesin tersebut dapat mendorong pesawat hingga 2,2 Mach alias 2.336 kilometer per jam. Jarak jangkaunya 3300 Kilometer dan radius tempurnya 1500 Kilometer. Tentu bisa diperpanjang dengan droptank dan air refueling. Kebetulan, sistem air refuelingnya cocok dengan tanker C-130B yang kita punya. Selama pilot kuat, bisa terbang dari Sabang sampai Merauke. 

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Fregat FREMM ITS Carabinier

FREMM KUNJUNGI INDONESIA. VENI VEDI VECI?

0
HobbyMiliter.com - FREMM KUNJUNGI INDONESIA. VENI VEDI VECI? Jakarta, 9 Maret 2017, Indonesia kedatangan Kapal Perang Angkatan Laut Italia, ITS CARABINIERE F593. Kapal perang kelas frigate...

Recent Comments