Thursday, April 25, 2024
HomeMiliterKisah MiliterTahun 2009, Indonesia Nyaris Dapat Satu Skadron Mirage 2000 Gratis Untuk TNI...

Tahun 2009, Indonesia Nyaris Dapat Satu Skadron Mirage 2000 Gratis Untuk TNI AU

Di Indonesia, masalah penawaran hibah pesawat tempur Mirage 2000 dari Qatar ini dilimpahkan ke Kementerian Pertahanan Republik Indonesia untuk dipelajari dan ditelaah lebih lanjut.

Tahun 2009, Indonesia Nyaris Dapat Satu Skadron Mirage 2000 Gratis Untuk TNI AU

Namun pada akhirnya, Menteri Pertahanan Republik Indonesia waktu itu, Juwono Sudarsono memutuskan untuk menolak tawaran hibah tersebut. Tawaran itu ditolak karena minimnya anggaran yang tersedia untuk perawatan. “Hibahnya sih oke, tapi pemeliharaannya itu mahal,” kata Juwono di kantornya, Departemen Pertahanan Jakarta 19 Maret 2009.

Adv Kaos Dassault Mirage by ciptaloka.com

Saat itu Juwono mengatakan, bahwa bila dilihat sepintas lalu saja sudah bisa dipastikan bahwa hibah pesawat buatan Prancis tahun 1994 ini akan membutuhkan banyak biaya. Padahal pagu anggaran Departemen Pertahanan dan TNI AU tahun itu sudah tak memungkinkan lagi untuk itu.

BACA JUGA :  Bangladesh Lakukan Uji Tembak Perdana Rudal SAM FM-90

Tahun 2009, Indonesia Nyaris Dapat Satu Skadron Mirage 2000 Gratis Untuk TNI AU

Apalagi fokus pemeliharaan saat ini ditujukan pada pesawat angkut, seperti untuk menghidupkan dan mengoperasionalkan dua skadron C-130 Hercules yang kita miliki. Belum lagi melakukan pembayaran atas order penambahan pesawat tempur Sukhoi Su-30 yang kita baru saja beli. Selain itu, kata Juwono, hibah itu bukan berarti tak ada biaya sama sekali.

Tahun 2009, Indonesia Nyaris Dapat Satu Skadron Mirage 2000 Gratis Untuk TNI AU

Jika kita mengambil tawaran hibah satu skadron pesawat tempur Mirage 2000 untuk TNI AU tersebut, dipastikan akan ada biaya untuk MidLife Upgrade guna memperpanjang usia pakai pesawat dan juga melakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap kondisi pesawat yang dihibahkan. Maklum, usia rata rata pesawat tempur yang ingin dihibahkan tersebut di 2009 berkisar antara 12 hingga 15 tahun.

BACA JUGA :  Intelijen AS Berhasil Ungkap Markas Hacker Militer Tiongkok

Tahun 2009, Indonesia Nyaris Dapat Satu Skadron Mirage 2000 Gratis Untuk TNI AU

Kemudian, karena Mirage 2000 ini tidak bisa digunakan untuk membawa rudal rudal eksisting yang kita miliki, maka harus dianggarkan kembali anggaran khusus untuk membeli rudal rudal semacam MBDA Mica, Matra R550 Magic II dan Matra Super 530D. Masakan mau dipersenjatai dengan bom Mk. 82 dan kanon saja. 

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

5-front-al-nusra-konfirmasi-kematian-300-anggotanya

Pasca Pertempuran Aleppo, Front Al-Nusra Konfirmasi Kematian 300 Anggotanya

0
Hobbymiliter.com - Lebih dari 300 anggota militan kelompok teroris Front al-Nusra telah terbunuh dalam pertempuran dekat Kota Retyan di provinsi Aleppo. Tewasnya militan teroris dalam...

Recent Comments