Tuesday, June 28, 2022
HomeBlog MiliterReferensiContoh Kasus Pengingkaran Kewajiban Warga Negara Beserta Penyebab Dan Solusi

Contoh Kasus Pengingkaran Kewajiban Warga Negara Beserta Penyebab Dan Solusi

Contoh Kasus Pengingkaran Kewajiban Warga Negara Beserta Penyebab Dan Solusi – HobbyMiliter.com – Sebagai warga negara Indonesia, ada beberapa kewajiban yang mesti dipenuhi, namun tidak sedikit contoh kasus pengingkaran kewajiban warga negara yang terjadi.

Adapun beberapa contoh tersebut bakal dibahas lebih lanjut di artikel ini beserta dengan penyebab serta solusinya.

Contoh Kasus Pengingkaran Kewajiban Warga Negara

Berikut sebagian contoh kasus pengingkaran kewajiban warga negara yang terjadi di Indonesia.

Tidak Taat Bayar Pajak

Kalau kamu tidak taat dalam membayar pajak maka kamu mengingkari kewajiban kamu sebagai warga negara seperti yang tercantum di Undang-undang Dasar 1945 pasal 23 ayat 2. Entah itu berupa pajak kendaraan, Pajak Bumi dan Bangunan atau PBB, pajak penjualan, pajak penghasilan, dan berbagai jenis pajak lainnya.

Kita wajib membayar pajak soalnya pajak tersebut merupakan salah satu sumber daya pembangunan yang bakal kita nikmati hasilnya. Contohnya seperti pembangunan jalan raya beserta semua fasilitasnya yang dibiayai salah satunya dari pajak kendaraan. Negara bakal rugi besar kalau kita tidak membayar pajak seperti seharusnya.

BACA JUGA :  Sebut Saddam Hussein Gagal, Korea Utara Bela Ujicoba Senjata Nuklir Mereka

Melanggar Hak Asasi Orang Lain

Pelanggaran hak asasi orang lain termasuk pengingkaran kewajiban kamu sebagai warga negara seperti tercantum pada Undang-undang Dasar 1945 pasal 28 ayat 1. Semua orang memiliki hak asasi yang mesti dihargai, dihormati, serta tidak dilanggar, termasuk warga negara Indonesia.

Karena itulah tidak semestinya kita melanggar hak asasi tersebut, apapun alasannya agar tercipta suasana yang kondusif serta damai. Salah satu pelanggaran hak asasi manusia adalah membunuh orang lain yang merupakan pelanggaran terhadap hak asasi manusia untuk hidup.

Melanggar Kewajiban Pendidikan Dasar

Pendidikan penting buat semua manusia, termasuk warga negara Indonesia. Karena itu Undang-undang Dasar 1945 di pasal 31 ayat 1 mencantumkan pendidikan dasar wajib diikuti setiap warga negara Indonesia. Maksud pendidikan dasar adalah pendidikan formal hingga jenjang Sekolah Menengah Pertama atau SMP.

Pelanggaran terhadap kewajiban ini dalam arti tidak memberi keleluasaan tersebut berarti mengingkari kewajiban warga negara. Misalnya anak-anak jalanan yang tidak menginjak bangku pendidikan dasar, maka lingkungan terdekatnya, terutama orang tua telah melanggar kewajiban tersebut.

BACA JUGA :  Tujuan Jepang Memberikan Janji Kemerdekaan kepada Indonesia

Tidak Ambil Bagian Dalam Pembelaan Negara

Salah satu kewajiban warga negara adalah wajib ikut serta di dalam usaha pertahanan serta keamanan negara seperti yang tercantum dalam Undang-undang Dasar 1945 pasal 30 ayat 1. Dengan kata lain kita sebagai warga negara wajib ambil bagian dalam bentuk usaha pembelaan negara apapun sesuai dengan peran kita masing-masing.

Kewajiban ini bukan cuma berarti mesti ikut berperang demi mempertahankan kedaulatan negara ya, tapi juga termasuk di dalamnya mengabdi sesuai profesi, menjaga keamanan dan kerukunan serta ikut aktif berperan serta memajukan bangsa dan negara. Melanggar kewajiban tersebut berarti kamu mengingkari kewajiban kamu sebagai warga negara Indonesia.

Contoh pelanggaran kewajiban ini antara lain adalah menciptakan dan menyebarkan hoax yang bisa mengganggu kerukunan masyarakat, tidak bersedia ikut wajib militer, atau bahkan pelajar yang tidak sungguh-sungguh melakukan tugas dan kewajiban sebagai warga negara..

BACA JUGA :  21 Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli

Tidak Ambil Bagian Dalam Mencapai Tujuan Pembangunan Nasional

Tujuan pembangunan nasional Indonesia ada empat seperti yang tercantum dalam Pembukaan Undang-undang Dasar 1945 alinea 4, yaitu:

  • Memajukan kesejahteraan umum.
  • Mencerdaskan kehidupan bangsa.
  • Melindungi segenap bangsa Indonesia.
  • Ikut serta dalam melaksanakan ketertiban dunia.

Sementara berbagai kewajiban kita sebagai warga negara Indonesia buat ikut ambil bagian dalam mencapai tujuan pembangunan nasional tercantum di Undang-undang No. 20 tahun 2003 yang membahas kewajiban warga negara. Jadi kalau kamu melanggar kewajiban ini berarti kamu mengingkari kewajiban kamu sebagai warga negara.

Tidak Taat Peraturan Lalu Lintas

Salah satu kewajiban kita sebagai warga negara Indonesia adalah menaati peraturan lalu lintas, entah kita sebagai pengendara bermotor, pejalan kaki, ataupun pengguna jalan lainnya. Pelanggaran terhadap Undang-undang Lalu Lintas juga termasuk pelanggaran kewajiban menghormati hak orang lain. Terlebih lagi kalau pelanggaran lalu lintas tersebut sampai membahayakan orang lain, maka kamu melanggar hak asasi orang tersebut.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

7-as-tidak-masalah-latihan-maritim-gabungan-filipina-rusia-digelar

Kemenlu AS: Latihan Maritim Gabungan Filipina-Rusia Tidak Masalah

0
Hobbymiliter.com - Amerika Serikat merasa pihaknya tidak punya masalah jika nantinya Filipina akan merealisasikan latihan militer gabungan dengan kubu Rusia. Demikian diakui oleh jurubicara...

Recent Comments