Saturday, April 27, 2024
HomeBlog MiliterReferensiBerbagai Pengertian HAM Hingga Contoh Pelanggarannya

Berbagai Pengertian HAM Hingga Contoh Pelanggarannya

Contoh kejahatan genosida yang pernah terjadi adalah pembantaian di Rwanda pada tahun 1994 dimana suku Hutu membantai suku Tutsi, pembantaian suku bangsa Bosnia dan Kroasia di Yugoslavia pada tahun 1991 hingga 1996, pembantaian kaum kulit hitam di Darfur, Sudan oleh milisi Janjaweed pada tahun 2004.

Kejahatan Kemanusiaan

Pelanggaran HAM ini merujuk pada tindakan pembunuhan massal secara sistematis dan meluas yang ditujukan pada suatu kelompok penduduk sipil. Kejahatan kemanusiaan meliputi aksi pembunuhan, perbudakan, pemusnahan, pemindahan paksa penduduk, perampasan kebebasan fisik, penyiksaan, perbudakan seksual, pemaksaan prostitusi dan sterilisasi, pemerkosaan, penganiayaan, penghilangan paksa, kejahatan apartheid, serta perbuatan tidak manusiawi yang mengakibatkan penderitaan berat, secara mental maupun fisik.

BACA JUGA :  Indonesia Jadi Beli Dua Fregat Iver Huitfeldt Denmark?

Pelanggaran HAM Ringan

Pelanggaran HAM ringan mencakup tindakan yang tidak mengancam keselamatan jiwa seseorang, seperti penganiayaan, pencemaran nama baik seseorang, menghalangi seseorang menyampaikan aspirasi dan pendapat, serta melakukan aksi kekerasan dengan memukul.

Peristiwa Pelanggaran HAM di Indonesia

Walaupun Indonesia sudah berusaha keras melindungi HAM semua rakyatnya, namun pelanggaran HAM seakan tidak bisa dihindari terjadi di Indonesia. Berikut beberapa peristiwa pelanggaran HAM yang terjadi di Indonesia.

  • Pembunuhan aktivis HAM, Munir Said Thalib pada tahun 2004.
  • Tragedi Trisakti pada tahun 1998.
  • Kerusuhan Mei pada tahun 1998.
  • Peristiwa Tanjung Priok pada tahun 1984.
  • Penganiayaan terhadap wartawan Udin pada tahun 1996.
  • Pembunuhan aktivis buruh, Marsinah pada tahun 1993.
  • Peristiwa Wamena Berdarah pada April 2003.
  • Pembantaian di Rawagede pada tahun 1945.
  • Peristiwa Abepura Papua pada tahun 2003.
  • Kasus Bulukumba pada tahun 2003.
  • Kasus dukun santet di Banyuwangi pada tahun 1998.
BACA JUGA :  Sejarah Pemberontakan DI/TII Di Jawa Tengah Dan Penumpasannya

Sekian artikel singkat terkait topik seputar HAM termasuk di dalamnya pengertian HAM secara umum maupun menurut beberapa ahli.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

76-houthi-yaman-tembak-jatuh-jet-tempur-arab-saudi

Pasukan Houthi Yaman Tembak Jatuh Jet Tempur Arab Saudi

0
Hobbymiliter.com - Pasukan bersenjata Ansarullah Houthi di Yaman menembak jatuh satu unit jet tempur Saudi dan menghancurkan beberapa perahu tempurnya sebagai bentuk balasan atas serangan...

Recent Comments