46-arab-saudi-gelar-latihan-laut-iran-mengancam
Marinir Arab Saudi yang menggelar simulasi operasi penyergapan pantai. Sumber: Saudi Press Agency

Hobbymiliter.com – Korps Garda Revolusi Iran (IRGC) telah mengeluarkan peringatan keras kepada setiap kapal perang yang akan ikut serta dalam latihan angkatan laut Arab Saudi di Teluk Persia. Latihan yang sedianya akan digelar di Teluk Oman dan Selat Hormuz tersebut menurut IRGC, berpotensi melanggar kedaulatan wilayahnya.

Peringatan yang ditujukan kepada Arab Saudi dan sekutu-sekutunya tersebut mengindikasikan bahwa IRGC sebagai angkatan militer Syiah Iran menganggap bahwa latihan tersebut sebagai suatu upaya dari Saudi untuk merongrong perairannya.

Baca juga :   Rolls-Royce Pasok Helikopter Kargo MV-22 Osprey Untuk Marinir AS dan Jepang

Dalam pernyataan resminya, IRGC mengingatkan agar setiap kapal perang yang berpartisipasi dalam latihan tersebut untuk tidak menyeberangi teritorial perairannya, ataupun menggunakan jalur perairan internasional yang dekat dengan garis kedaulatannya.

Angkatan Laut Militer Iran dan Angkatan Laut IRGC disebut-sebut sudah siap secara materi untuk berperang di Teluk Persia demi “membela Iran dari ancaman Saudi,” jika sewaktu-waktu kedua negara seteru ideologi tersebut sempat bersitegang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here